hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

10 Desember 2019, 11:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Belakangan ini liburan jadi kebutuhan yang wajib dipenuhi terutama buat kaum milenial. Meskipun hanya sekedar pergi ke luar kota, nikmatin makanan khas suatu daerah, atau kalau tabungan kamu cukup kamu bisa liburan ke luar negeri. Buat kamu yang masih berstatus pelajar, tahu enggak sih kalau liburan ternyata punya banyak manfaat. Berikut lima hal positif yang bisa diambil dari liburan:  

1. Belajar Mandiri

(Pixabay)

Jauh dari keluarga dan teman-teman mau enggak mau bisa bikin jadi lebih mandiri loh. Kamu belajar atasi situasi yang enak ataupun enggak enak dengan cara kamu sendiri. Kamu juga belajar untuk bisa menentukan hal-hal kaya makanan, keperluan dasar, dan budget. Sebagai seorang pelajar, kamu mungkin sering menyepelekan banyak hal karena masih tinggal sama keluarga.

Nah, sama dengan liburan juga bisa buat kamu lebih percaya diri meskipun masih muda. Karena biarpun kamu sudah merencanakan liburan matang-matang, tetap saja ada hal-hal yang bisa terjadi dan enggak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Misalkan barang-barang kehilangan koper, dompet, paspor atau pesawat kamu delay, mungkin juga cuaca lagi kurang bersahabat. Momen seperti ini yang buat kesabaran kamu diuji. Langkah yang kamu ambil bakal membuat kamu lebih dewasa. Kamu bisa makin percaya diri,  terutama kalau kamu belajar ambil keputusan di situasi yang enggak enak.

 

2. Nambah Perspektif

(Pixabay)

Ada di tengah-tengah orang yang beda budaya, kebiasaan, opini, bisa bikin kamu punya pengalaman baru. Pertukaran budaya bikin kamu enggak cuma terpaku sama hal-hal yang kamu tau sebelumnya, tapi juga nambah sesuatu yang baru. Cuma lewat liburan saja, kamu sebagai pelajar bisa benar-benar mengerti kalau perbedaan itu indah dan keluar dari perspektif budaya yang kamu tahu selama ini. Kamu juga bisa punya nilai-nilai yang kuat dan bisa diaplikasikan.

3. Nambah Kemampuan

(Pixabay)

Menurut hasil pengamatan, liburan bikin kamu yang masih berstatus sebagai pelajar jadi lebih baik secara akademis loh! Liburan bikin kamu bisa lihat dan merasakan banyak hal dan bikin kamu bisa punya pemahaman yang lebih baik tentang materi pelajaran.

Misalkan kamu sebagai murid bisa lebih mengerti sejarah dan geografi, kalau kamu benar-benar mengunjungi tempat-tempat itu. Pengetahuan alam dan matematika juga bisa bertambah. Karena kamu mulai aplikasikan hal-hal terkait alam dan matematika pas kamu liburan.

Liburan bikin kamu sebagai pelajar bisa ngomong lebih percaya diri karena kamu punya pengetahuan yang kamu dapatkan dari hal-hal yang kamu lihat sendiri. Investasi dalam liburan perlu loh, buat kamu sebagai pelajar yang mau meningkatkan kemampuan kamu secara akademik.

4. Mengenal Identitas Diri

(Pixabay)

Liburan sebenarnya memperkaya pengalaman kamu. Ketika liburan, kamu enggak hanya mengulik suatu tempat saja, tapi juga akan menemukan sesuatu tentang diri kamu sendiri. Nilai-nilai yang kamu punya dan hal-hal yang jadi prioritas, bikin kamu bisa menentukan tujuan hidup ke depan.

5. Memperluas Koneksi

(Pixabay)

Dengan menjelajah berbagai tempat baru, bisa memperluas jaringan dengan banyak orang baru dan kamu jadi punya kesempatan buat bangun hubungan pertemanan baru yang kamu enggak pernah bayangin sebelumnya. Liburan ke negara lain bikin kamu yang masih berstatus pelajar untuk ngembangin koneksi pertemanan. Lewat media sosial, kamu bisa tetap terhubung sama teman baru dan kamu bisa manfaatkan koneksi yang kamu punya.

ESTER CRAMER | ETRAVEL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments