hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

25 November 2019, 11:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Surabaya, selain disebut sebagai Kota Pahlawan kota ini juga dikenal dengan cita rasa kulinernya yang luar biasa. Mulai dari soto, rawon, bebek, semuanya mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di kota ini.

Rasa pedas gurihnya yang khas membuat makanan khas Surabaya memiliki sejuta rasa yang berbeda sehingga memberikan sensasi pongaalaman kuliner istimewa bagi kamu yang mencobanya.

Nah, kali ini kita tidak hanya membahas makanan khas aja tapi juga makanan unik yang Cuma bisa kamu temukan di Surabaya, Jawa Timur. Simak ulasannya berikut ini:

1. Sop Buah Lodeh

(NET.CJ/Pandu)

Kalau mendengar kata lodeh pasti yang terbesit di pikiran kita langsung tertuju pada hidangan sayuran dan kuah santan kan? Tapi kalau yang ini bukan lodeh sembarang lodeh, melainkan sop buah yang disajikan dingin. Bukan dengan sayuran sop ini dibuat dari buah-buahan yang dicampur kuah santan, sehingga sekilas memang mirip dengan lodeh ya.

Sajian ini sangat pas ya untuk menemani kalian di kala panasnya kota Surabaya di siang hari dan dapat kalian temui di Jalan Bogowonto, Surabaya seharga Rp15 ribu saja.

2. Rujak Bebek

(NET.CJ/Ahmad Fandi)

Makanan khas Jawa Timur berupa rujak mungkin sudah biasa, tapi bagaimana kalau sajian rujak uleg ditambah dengan bebek bakar utuh hmmm, luar biasa kan! Nah menu unik ini disajikan oleh warung makan Kampong Tahu di Jalan Insyinyur Soekarno, Surabaya.

Bahan Rujaknya sendiri terdiri dari nanas, mentimun, dan sayur-sayuran. Kalau bumbu rujaknya terbuat dari kacang, petis, dan cabe. Semua bumbu diuleg sampai halus setelah itu baru disiram ke seluruh sayuran juga bebek bakarnya, yummy!

Untuk menikmati kuliner rujak bebek, kalian harus merogoh kocek Rp56 ribu saja dan dijamin deh lidah kalian pasti tidak akan berhenti bergoyang.

3. Bakso Hitam “CHOK JUDES”

(NET.CJ/Kinanthi Arum Mustika Wardhani)

Kalau biasanya bakso berwarna abu abu tapi uniknya kalau yg ini berwarna hitam, kok bisa ya? Nah ternyata jawabannya karena selain dibuat dengan daging sapi bakso ini juga dicampur dengan arang yang aman dikonsumsi.

Menariknya lagi pentol hitam ini memiliki varian rasa seperti cokelat, keju, pedas, dan original. Karena varian rasa inilah jadi enggak perlu lagi kecap atau saos untuk menyantapnya.

Bagi yang penasaran dengan kelezatan bakso hitam Chok Judes, bisa langsung saja datang ke Jalan Pandegiling 224 Surabaya, Jawa Timur.

4. Sate Kelapa Bu Asih Ondemohen

(NET.CJ/Kholid Abdulloh)

Kalau ke Surabaya sudah wajib hukumnya mencoba sate khas unik ini yaitu sate kelapa atau Sate Klopo Ondemohen Bu Asih Surabaya.  Dibuka sejak tahun 1945, kini warung yan terletak di Jalan Walikota Mustajab No. 36 ini masih ramai dipadati pengunjung.

Disebut Ondemohem karena dulunya Jalan Wali Kota Mustajab masih bernama Ondemohen. Selama 73 tahun warung yang dibuka dari pagi hingga tengah malam ini mampu meraih omzet puluhan juta rupiah dengan rata-rata 600 pengunjung setiap harinya. 

Sebetulnya sate hampir sama dengan sate lainnya dengan berbahan daging ayam dan sapi tapi yang membuat cita rasa yang berbeda yaitu sebelum pembakatan sate terlebih dulu dilumuri dengan parutan kelapa untuk memberi cita rasa gurih dan sedap.

Selain itu yang membuat rasanya tetap otentik adalah cara penyajiannya yang menggunakan bumbu kacang dari Tuban yang merupakan resep rahasia turun temurun serta serundeng.

Selain sate ayam dan sapi, ada pula jenis sate lainnya yang bisa menjadi opsi pengunjung yaitu sate kotot, otot, dan juga sum sum. Untuk satu porsinya atau 10 tusuk sate pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp19 ribu untuk sate ayam dan Rp26 ribu untuk sate daging.

Gimana, tertarik untuk berkunjung ke salah satunya. Sebetulnya masih banyak kuliner khas lain yang harus kalian coba. Kalau urusan kuliner kota ini jagonya, pokoke uenak rek!

LARAS PUTRI | NET.CJ PANDU | NET.CJ AHMAD FANDI | NET.CJ KINANTHI ARUM MUSTIKA WARDHANI | NET.CJ KHOLID ABDULLOH

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments