hero
(ANTARA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

21 Oktober 2019, 10:41 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 telah berlangsung secara lancar. Di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/19). Namun, dalam kekhidmatan rangkaian acara kemarin ada sejumlah hal menarik yang menjadi perhatian publik, apa saja? Ini dia di antaranya?

1Abah hadir tanpa sarung

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin bersiap mengikuti upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Jakarta, Minggu (20/10/19). (ANTARA)

Terbiasa mengenakan sarung dan celana di hampir setiap kesempatan, dalam acara pelantikan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin tampil berbeda. Suami Nyai Wury ini mengenakan setelan jas dan celana panjang berwarna hitam, dilengkapi dengan sorban putih di kalungkan di leher.

Penampilan pria yang juga biasa disapa Abah ini praktis menjadi pusat perhatian. "Hari ini ada yang baru. Abah pakai celana," ucap Ketua MPR Bambang Soesatyo. Candaan Bambang langsung menuai tawa. Ma'ruf pun juga ikut tertawa mendengar lelucon tersebut.

2Megawati duduk satu deret dengan SBY

SBY duduk sederet dengan Megawati terjeda Puan Maharani dan Hamzah Haz, di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (YOUTUBE/ OFFICIALNETNEWS)

Momen menarik lainnya, yakni saat Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri duduk sebaris dengan Presiden keenam RI, Subilo Bambang Yudhoyono (SBY). Meski tak sebelahan persis, karena dijeda dengan 2 orang lainnya. Yakni sang putri yang juga merupakan Ketua DPR Puan Maharani serta Wakil Presiden kesembilan RI, Hamzah Haz.

Hubungan Megawati dengan SBY diketahui belakangan mulai mencair setelah bertahun-tahun dingin. Ini sudah kali kesekian Megawati berjumpa SBY. Keduanya juga sudah mulai berjabat tangan dalam beberapa kesempatan sebelumnya.

3Bambang Soesatyo lima kali pantun saat pimpin pelantikan

Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) memimpin upacara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/19). (ANTARA)

Bukan Bambang Soesatyo namanya jika tak berpantun dalam hampir setiap kesempatan ia berbicara di depan umum. Dalam pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Bamsoet melontarkan lima pantun yang mengundang tawa tamu undangan.

Salah satu pantun ditujukan untuk menyampaikan apresiasi kedatangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dari Teuku Umar ke Kertanegara, dijamu nasi goreng oleh Ibu Mega

Meski Pak Prabowo tak jadi kepala negara

Tapi masih bisa tetap berkuda dan berlapang dada

Selain itu Bamsoet juga menggunakan Bahasa Bugis dalam pantunnya, yang sekaligus untuk menghargai Kalla yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Buah panasa buah durian, tampedding riala inungeng

Temmaka raja pa'berena, temma ruleke papidecenna

 Buah nangka buah durian tak dapat dijadikan minuman,

sungguh besar pengabdian tak sanggup ditatar kebaikanmu
 

Sementara, tiga pantun terakhir dilontarkan Bamsoet secara berurutan sesaat sebelum mengakhiri pidatonya. Ketiganya yaitu:

Bernyanyi berdendang sambil gembira,

Tanda hati sedang bersuka cita

Jika berkuasa janganlah lupa

Karena rakyatlah kita dipercaya

 

Jalan-jalan ke Gunung Jati

Singgah di pasar beli kemiri

Kita semua harus siap mati

Untuk mempertahankan NKRI

 

Terbang tinggi burung merpati

 Hinggap lama di pohon mahoni

 Kami titip NKRI pada Pak Jokowi

Aagar rakyat hidup nyaman dalam harmoni

TIM LIPUTAN
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments