hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

4 Juli 2019, 14:00 WIB

KOREA SELATAN

Beberapa film Korea terbaik dan paling mencekam ternyata dibuat berdasarkan kisah nyata. Alur cerita yang terkesan imajinatif, kadang membuat penonton sulit percaya ada peristiwa seperti itu di dunia nyata. Enggak percaya? Coba cek dulu deh, deretan film yang berdasarkan kisah nyata ini. Bayangkan, apakah kamu pernah menyangka kalau alur cerita ini berdasarkan kisah nyata?

1. The Chaser

The Chaser. (KOREA BOO)

Film thriller ini tentang seorang pembunuh berantai yang dikejar-kejar oleh mantan perwira yang korup yang mengalami kesulitan keuangan. Karakter pembunuh berantai ini sebenarnya didasarkan pada pembunuh sungguhan yang menargetkan wanita sebagai korban sebelum akhirnya ditangkap oleh polisi. Fakta menariknya adalah, sebelum penangkapannya, si pembunuh sebenarnya  sudah pernah tertangkap tetapi dibebaskan karena dikira hanya pencuri kelas teri.

2. Memories of Murder

Memories of Murder. (KOREA BOO)

Kisah kejahatan mendebarkan lainnya, "Memories of Murder" didasarkan pada kisah pembunuh berantai pertama Korea Selatan. Meskipun dalam film tidak disebutkan, peristiwa ini terjadi antara tahun 1986 dan 1991 dimana 10 orang wanita ditemukan terbunuh di Hwaseong. Akan tetapi film ini fokus pada kisah dua detektif yang bertugas memecahkan kasus ini.

3 . Silenced

Silenced. (KOREA BOO)

"Silenced" juga dikenal sebagai "The Crucible" yang menceritakan kisah para siswa tuna rungu, yang disiksa selama bertahun-tahun, hingga akhirnya seorang guru memberi cahaya harapan pada mereka. Cerita ini didasarkan pada peristiwa nyata.  Di sebuah sekolah, siswa tunarungu menjadi korban kekerasan selama bertahun-tahun. Bahkan ada adegan proses pengadilan dimana fakultas mendapat hukuman minimal. Fakta menaik dari film ini adalah, film ini mendorong ditutupnya sekolah tersebut, serta revisi undang-undang pembatasan terhadap kejahatan seks terhadap anak di bawah umur dan orang cacat.

4. My Father

My Father. (KOREA BOO)

Film ini menceritakan kisah seorang putra angkat yang mencari orang tua kandungnya di Korea Selatan. Selama pencariannya, ia bertemu ayah kandungnya yang merupakan narapidana kasus pembunuhan. Akhirnya ia memutuskan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan ayahnya dan kehidupannya sendiri. Dan tentu saja, ini didasarkan pada peristiwa nyata! Fakta menarik: rilis film ini manjadi kontroversial karena keluarga korban yang terkait dengan kasus tersebut tidak mendukung diproduksinya film ini. Akan tetapi film ini berhasil menduduki puncak tangga box office.

5. The Admiral: Roaring Currents

The Admiral: Roaring Currents. (KOREA BOO)

Film ini bersetting pada tahun 1597 ketika Jepang berusaha menyerbu Korea dengan armada 300 kapal. Sementara itu, Korea sangat kalah jumlah dengan hanya 12 kapal. Akan tetapi meskipun peluang untuk menang sangat kecil, mereka pergi berperang! Kisah ini berdasarkan pada pertempuran yang sangat nyata yang dicatat dalam sejarah sebagai Pertempuran Myeongnyang.

6. Where The Truth Lies

Where Truth Lies. (KOREA BOO)

Juga dikenal sebagai “The Case of Itaewon Homicide” film ini didasarkan pada kisah nyata dari kasus pembunuhan di  Itaewon. Seorang mahasiswa ditemukan tewas di Burger King Itaewon. Dua remaja AS yang bermasalah menjadi tersangka untuk kasus ini. Kasus ini sangat menggemparkan di Korea. Selanjutnya, silakan nonton sendiri ya.

7 . 71: Into The Fire

71: Into the Fire. (KOREA BOO)

Kisah 71 siswa yang berjuang melawan ratusan tentara Korea Utara di depan sekolah menengah selama Perang Korea pasti tidak terdengar nyata, tetapi ini sungguh peristiwa nyata! Selama 11 jam, kelompok siswa membela sekolah menengah setempat yang merupakan titik strategis untuk menjaga perimeter Sungai Nakdong.

8 . Way Back Home

Way Back Home. (KOREA BOO)

"Way Back Home" berfokus pada kisah nyata seorang ibu rumah tangga Korea yang dipenjara selama 2 tahun di Martinique setelah dituduh secara keliru menyelundupkan narkoba di bandara Paris.

KOREA BOO | ALL KPOP

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments