hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

27 Juni 2019, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bumi memiliki hukum gravitasi yang membuat segala sesuatunya tetap dalam keseimbangan. Memijak tanah dan enggak melayang-layang di udara.

Namun terdapat beberapa anomali di muka bumi yang enggak terikat oleh hukum gravitasi, yang ditemukan oleh Isaac Newton ini. Merangkum dari Brightside, berikut beberapa tempat di bumi yang enggak begitu terpengaruh oleh gaya gravitasi.

1Air terjun ‘terbalik’ di Inggris

Air terjun ‘terbalik’ di Inggris. (BRIGHTSIDE)

Yang membuat air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya ialah air yang seharusnya terjun bebas ke bawah justru mengalir ke atas. Seperti sebuah air mancur!

Rahasia air terjun ini ialah angin yang begitu kuat, sehingga sanggup mengubah arah aliran air dan mendorongnya ke atas. Pertanyaan yang kemudian muncul ialah, darimana datangnya angin yang begitu kuat ini?

2Sebuah rumah misterius di Oregon, Amerika Serikat

Ada sebuah kabin yang dikenal mistis. Terletak di tengah hutan lebat, dibangun di dekat Oregon Vortex, Amerika. Tempat tersebut merupakan sebuah tempat yang harus dihindari, bahkan penduduk asli Amerika menyebut tempat itu sebagai ‘Tanah Terlarang’.

Tempat ini membuat orang-orang merasakan realitas dengan cara yang berbeda. Bahkan akan sulit untuk berjalan saat memasuki rumah ini. secara naluri kamu akan mencari dinding untuk membantu kamu berjalan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Strange things did happen here No stranger would it be If we met at midnight in the hanging tree ????

A post shared by Marevalo (@mariaarevalo99) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Me and angles don't mix well.

A post shared by Sidney Shea (@sidshea) on

Ada pula sapu yang selalu berdiri tegak dimana pun benda itu diletakkan. Bahkan bola yang diletakkan di lantai dapat bergulir ke sana kemari.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

The vortex is REAL dudes and dudettes

A post shared by Rylee Munger (@rylee_munger) on

3Sebuah jalan di kaki Gunung Aragats di Armenia

Sebuah jalan di kaki Gunung Aragats di Armenia. (BRIGHTSIDE)

Di perbatasan Turki dan Armenia terdapat sebuah gunung yang membuat banyak orang-orang terkejut. Ratusan orang datang ke tempat ini untuk menyaksikan fenomena antigravitasi yang sangat terkenal.

Para pelancong biasanya mematikan mesin mobil mereka. Dan menyaksikan mobil tersebut akan menaiki gunung dengan sendirinya. Bahkan ada sebuah sungai yang mengalir ke atas! Banyak orang yang mengatakan bahwa jauh lebih mudah untuk menaiki gunung tersebut dibanding menuruninya.

4Bendungan Hoover di Nevada, Amerika

Ketika kamu berada di bendungan setinggi 2.214 meter ini, jangan lupa untuk melakukan sebuah eksperimen kecil. Cobalah untuk menuangkan air dari botol, air tersebut enggak akan jatuh ke bawah, tapi malah melayang ke atas! Hal yang sama juga akan terjadi bila kamu melemparkan benda-benda kecil yang enggak terlalu berat.

5Devils Tower, Wyoming, Amerika

Devils Tower, Wyoming, Amerika. (BRIGHTSIDE)

Devils Tower merupakan formasi batuan yan terletak di Distik Bear Lodge Ranger, Black Hills. Para pendaki sangat menyukai formasi ini karena bentuk dan ukurannya yang sempurna.

Anehnya, untuk beberapa alasan, para pendaki yang pernah menaiki Gunung Everest enggak bisa naik hingga ke puncak Devils Tower. Meskipun tingginya hanya sekitar 380 meter, Devils Tower memiliki tebing yang curam. Sehingga akan sangat sulit untuk sampai ke puncaknya. Bahkan akan lebih sulit lagi untuk dapat turun ke bawah.

6Jalan misterius di Korea Selatan

Jalan misterius di Korea Selatan. (BRIGHTSIDE)

Botol dan kaleng kosong yang ditinggalkan di tepi jalan ini bisanya akan menggelinding naik, banyak turis yang telah melakukan percobaan kecil ini. Jalan di Pulau Jeju ini pun segera menarik perhatian turis, bahkan pemerintah setempat memasang sebuah petunjuk yang memberitahukan dimana anomali gravitasi dimulai.

7Batu emas di Myanmar

Batu emas di Myanmar. (BRIGHTSIDE)

Batu yang dilapisi warna emas ini terlihat seakan-akan dapat jatuh kapan saja. Namun nyatanya batu ini telah berada di posisi yang sama sejak 2.500 tahun silam. Menurut cerita yang beredar, batu tersebut ditahan oleh rambut Buddha yang ada di dalamnya.

Dikatakan pula bahwa hanya seorang perempuan yang dapat memindahkan batu tersebut. Itu sebabnya, ada larangan bagi perempuan untuk enggak menyentuh batu tersebut.

8Batu Davasko di Argentina

Batu Davasko di Argentina. (BRIGHTSIDE)

Batu besar Davasko telah kalah dari pertarungannya melawan gravitasi. Batu berukuran lebih dari 300 ton itu telah berada di tepi bebatuan besar selama beratus-ratus tahun, sebelum akhirnya menjadi sedikit miring.

Penduduk lokal pun mencoba mengecek keadaan batu tersebut, mereka menaruh sebuah botol kaca di bawah batu itu dan akhirnya pecah. Pada 29 Februari 1912, Batu Davasko itu terjatuh dari tempatnya, membuat begitu banyak orang merasa terkejut.

 Akhirnya 95 tahun kemudian, penduduk menempatkan sebuah replika batu tersebut di tempat sebelumnya. Batu pengganti tersebut terbuat dari plastik dan hanya memiliki berat sebesar 9 ton saja.

 

BRIGHTSIDE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments