hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 Juni 2019, 15:00 WIB

INDONESIA

Ada banyak orang yang suka mengambil keuntungan dari wisatawan yang sedang berlibur. Kalau enggak hati-hati, kamu mungkin akan menjadi sasaran orang-orang enggak bertanggung jawab. Untuk mencegah hal-hal yang enggak diinginkan saat liburan, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1Jangan mudah terbuai

Jangan mudah terbuai. (BRIGHTSIDE)

Terkadang sesuatu yang terlihat gratis, sebenarnya enggak benar-benar gratis dan membuat wisatawan terpaksa mengeluarkan uang untuk hal tersebut. Contohnya orang-orang yang menggunakan kostum tertentu dengan senang hati akan mengajak kalian berfoto, setelah beberapa jepretan mereka tiba-tiba saja menagih uang atas ‘jasa’ mereka.

2Selalu bawa barang cadangan

Kamu enggak pernah tahu apa yang akan terjadi saat sedang berlibur. Akan lebih bijak kalau kamu menyiapkan barang-barang cadangan seperti baterai kamera, kartu kredit, hingga foto paspor buat jaga-jaga.

3Pilih penerbangan pagi

Biasanya badai cenderung muncul di siang dan sore hari. Itulah sebabnya mengapa penerbangan pagi jarang mengalami turbulensi.

4Bangun lebih pagi

Bangun lebih pagi. (BRIGHTSIDE)

Salah satu trik untuk menghindari kerumunan orang di tempat wisata ialah dengan bangun lebih pagi. Selain dapat menikmati suasana dengan lebih santai, kalian juga dapat berfoto dengan lebih leluasa.

5Pilih waktu liburan dengan tepat

Pilih waktu liburan dengan tepat. (BRIGHTSIDE)

Liburan sekolah merupakan satu-satunya untuk melaksanakan liburan keluarga. Jika ingin menikmati liburan yang lebih tenang, sebaiknya hindari berlibur di waktu-waktu tersebut. Bahkan sering kali berlibur di luar masa liburan sekolah cenderung lebih tenang dan menyenangkan.

Enggak ada keharusan untuk menguasai bahasa asing ketika berpergian ke luar negeri. Namun mengetahui beberapa kata dalam bahasa asing dapat membuat perbedaan besar dalam perjalanan kalian. Selain akan memudahkan saat berbicara dengan warga lokal, orang-orang juga akan lebih senang ketika ada turis asing yang dapat berbicara dengan bahasa mereka walaupun hanya beberapa kata saja.

7Siapkan adapter untuk barang-barang elektronik

Setiap negara memiliki jenis stop kontak berbeda-beda. Untuk itu ada baiknya berjaga-jaga dengan membawa adapter saat akan berlibur ke luar negeri. Adapter tersebut dapat menjadi penyelamat bila charger kita enggak sesuai dengan stop kontak yang tersedia.

9Jangan lupa bawa sarung

Sarung adalah salah satu barang yang wajib dibawa saat berlibur. Selain dapat digunakan di pinggang, sarung juga dapat berguna untuk melindungimu dari debu, syal, selimut, bendera, bahkan saringan air.

10Lakukan riset mengenai tempat yang akan didatangi

Lakukan riset mengenai tempat yang akan didatangi. (BRIGHTSIDE)

Jangan lupa mencari tahu mengenai destinasi liburan kalian, terutama apa yang boleh dan enggak boleh dilakukan di tempat tersebut. Beberapa tradisi bisa sangat berbeda dengan tradisi kita, jangan sampai melakukan hal-hal tanpa sengaja menyinggung orang lain.

 

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments