hero
(INSTAGRAM/ fimaron)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

27 Mei 2019, 15:00 WIB

INDONESIA

Semakin cepat gletser di Antartika mencair, semakin banyak orang berpikir tentang situasi lingkungan, polusi udara, dan pemanasan global yang akan datang. Para ilmuwan berpikir, menurunnya kualitas udara bisa membunuh banyak orang. Inilah sebabnya mengapa pemerintah kota di sejumlah negara berusaha mengubah cara mereka bekerja. Dan mengedukasi penduduknya untuk melakukan hal yang sama.

Dilansir dari Brightside, berikut kota-kota yang sudah mengubah gaya hidupnya,dengan lebih peduli lingkungan. Serta telah terlihat hasilnya. Tapi, ada juga sejumlah kota lain yang baru saja memulai langkah baik ini. Demi bisa menghirup udara yang lebih bersih dan berkualitas.

1Oslo, tempat parkir mobil diubah menjadi jalur sepeda

Oslo, tempat parkir mobil diubah menjadi jalur sepeda. (BRIGHTSIDE)

Di pusat kota Oslo, tempat parkir di jalan diubah menjadi jalur sepeda, bangku, dan taman kecil. Pada awal 2019, kota ini menyelasaikan proses menghilangkan 700 tempat parkir sebagai cara untuk mengajak orang agar enggak mengemudi di pusat kota. Selain itu, yang dilakukan adalah menambah stasiun pengisian untuk mobil listrik dan lebih banyak tempat parkir untuk pengemudi disabilitas.

2Madrid, membuat distrik pusatnya bebas transportasi

Madrid, membuat distrik pusatnya bebas transportasi. (BRIGHTSIDE)

Dilansir dari Brightside, kalau kamu bukan warga Madrid, maka dilarang memasuki distrik ini dengan mobil pribadi. Hal ini dikarenakan, pada November 2018 pemerintah mulai membatasi mengemudi di pusat kota. Bahkan setelah peraturan ini disahkan menjadi undang-undang, lalu lintas menurun sangat cepat hingga 32%.

Proyek yang berjudul “Daerah Dengan Tingkat Emisi Rendah” ini dirancang dengan tujuan agar udara di pusat menjadi lebih bersih. Pemerintah Spanyol sangat menyukai proyek ini sehingga mereka hanya memperbolehkan mobil listrik di semua pusat kota lain di seluruh negara.

3Beijing, mobil hanya dapat dikendarai pada hari tertentu dalam seminggu

Beijing, mobil hanya dapat dikendarai pada hari tertentu dalam seminggu. (BRIGHTSIDE)

Meskipun para pengemudi di Beijing diizinkan untuk mengendarai mobil. Namun mereka dibatasi oleh aturan waktu dan nomor plat mereka.

Jika diakhiri dengan angka tertentu, seseorang hanya dapat mengendarai mobil pada hari tertentu dalam seminggu . Dan di distrik baru, pemerintah memutuskan untuk melarang semua mobil pribadi, kecuali mobil listrik.

4Paris, Jalan Raya yang Padat disulap menjadi area pejalan kaki

Pada 2017, sebuah jalan raya yang berlokasi tepat di sebelah Sungai Seine, Paris, Prancis, diubah menjadi jalan khusus pejalan kaki dan taman bebas mobil. Ini merupakan salah satu tahap dari pekerjaan konstan yang dilakukan oleh kota untuk mengurangi lalu lintas mobil.

Selain itu, ada batasan untuk mobil tua yang berbahaya pada hari kerja. Pada tahun 2024, pihak berwenang berencana melarang mobil diesel. Dan, pada tahun 2030 semua mobil sudah harus berbahan bakar gas.

5Georgia, menghentikan seluruh produksi dan penggunaan plastik

Pada bulan April 2019, Kementrian Lingkungan Hidup dan Departemen Pertanian di Negara Georgia telah melarang produksi, penggunaan, dan impor kantong plastik. Mereka menyarankan menggunakan kantong yang biodegradable yang dapat terdegradasi dalam waktu yang jauh lebih singkat dan mengurangi bahaya.

Jika melanggar, maka pada tahap awal akan diberi peringatan. Lalu jika masih terjadi, mereka diharuskan membayar denda pertama sebanyak $185 atau sekitar Rp 2,7 juta dan berkali lipat jika terjadi lagi.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments