hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 Mei 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Setiap orang semua terkadang merasa sedih tanpa alasan yang jelas. Penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa alasan di balik depresi dan ketidakbahagiaan. Seperti ketidakseimbangan kimiawi, peristiwa hidup yang penuh tekanan, kerentanan genetik, dan efek samping obat yang kamu konsumsi.

Beberapa faktor tersebut perlu diatasi dengan bantuan profesional. Tapi kamu bisa mengendalikan stres dengan menyingkirkan hal-hal tertentu di lingkungan hidupmu untuk menjaga ketenangan pikiran. Apa saja kah itu?

1Menghakimi diri dan orang lain

Menghakimi diri dan orang lain. (THE POSITIVITY SOLUTION)

Roland Alexander, Ph.D., mengklaim bahwa penilaian diri yang negatif mencegah seseorang mencapai potensi penuhnya dan itu merupakan kekuatan destruktif yang sangat besar. Berhentilah berkonsentrasi pada kelemahanmu maupun orang lain, dan kembangkan kelebihanmu.

Pada awalnya,memang seperti tidak ada hubungan antara menghakimi orang lain dengan menjadi bahagia. Tetapi, penilaian adalah cerminan dari dunia batinmu. Dengan menghakimi orang lain, kamu justru menciptakan hal-hal negatif yang tidak perlu dalam hidupmu sendiri. 

2Penyesalan masa lalu

Penyesalan masa lalu. (DAN MUNRO)

Ingat, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tapi itulah hidup. Jangan biarkan kesalahan menjebak dan memengaruhi masa depanmu. Satu-satunya hal yang dapat kamu lakukan adalah belajar dari kesalahan-kesalahan ini dan menjadi orang yang lebih baik.

3Mengkhawatirkan sesuatu

Mengkhawatirkan sesuatu. (SUCCESS IN STRESS)

Merasa khawatir terhadap sesuatu yang enggak begitu familiar bagimu memang wajar. Tapi, kamu harus ingat bahwa hal-hal terbaik justru datang di luar zona nyamanmu. Jangan takut mencoba sesuatu yang baru, maju dan coba saja. 

4Menganggap dunia ini hitam dan putih

Menganggap dunia ini hitam dan putih. (BRIGHTSIDE)

Cara berpikir ekstrem adalah salah satu yang mencegahmu dari merasa bahagia. Ingatlah kalau setiap orang punya perspektif yang berbeda terhadap segala sesuatu, tidak ada yang benar dan salah secara absolut. Cobalah untuk selalu melihat semuanya dari sisi yang positif.

5Iri

Iri . (BRIGHTSIDE)

Membandingkan kesuksesanmu dengan orang lain adalah hal yang akan membuatmu sulit bahagia. Jangan iri hanya karena hidupmu, latar belakangmu, lingkunganmu, berbeda dari orang lain. Bandingkan dirimu dengan kamu yang dulu, sehingga kamu terpacu untuk menjadi versi diri yang lebih baik lagi.

6Kontrol

Kontrol. (BRIGHTSIDE)

Enggak semua hal di dunia ini ada dalam genggaman tanganmu. Dan rasa ingin mengontrol segalanya hanya akan membawamu pada stres akut. Cobalah hidup lebih spontan dan rileks, belajar percaya pada orang lain, dan jangan pernah merasa berhak mengontrol hidup orang lain, baik teman atau bahkan pacarmu sekalipun.

7Media sosial

Media sosial. (BRIGHTSIDE)

Sindrom media sosial adalah penyakit khas abad 21, di mana kita terus terdistraksi dari kehidupan nyata. Banyak orang mengalami kecemasan dan sulit menikmati momen bahagia di saat itu juga dalam kehidupan nyatanya. Karena terlalu bergantung pada media sosial. Cobalah temukan hobi baru yang bersifat offline. Di mana kamu bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga secara nyata.

8Rasa ingin sempurna

Rasa ingin sempurna, termasuk ingin memeiliki pasangan yang ideal. (LOVEBONDINGS)

Mengupayakan yang terbaik memang merupakan sikap yang hebat dan penting dalam diri seseorang. Namun, jangan pernah membuat dirimu sendiri stres karena mengejar kesempurnaan. Enggak ada yang namanya pasangan sempurna, pekerjaan sempurna, tubuh sempurna, dan hidup sempurna. Bermimpilah dan bekerja keraslah, asal jangan terobsesi dengan ide kehidupan yang sempurna karena itu enggak pernah ada.

9Memedulikan pendapat sosial

Memedulikan pendapat sosial. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu belajar menyadari hidup enggak sempurna, kamu juga akan sadar bahwa enggak akan pernah bisa memenuhi ekspektasi semua orang dalam hidupmu. Hiduplah menurut pilihan-pilihan yang kamu pikir benar bagimu. Jangan terpaku pada pendapat orang lain yang biasanya hanya akan membuatmu makin stres.

10Hubungan yang enggak sehat

Hubungan yang enggak sehat. (BRIGHTSIDE)

Hubung ‘toxic’ alias enggak sehat biasanya terjadi dan enggak sedikit orang enggan mengakuinya. Ayolah, kamu harus sadar bahwa kehadiran pasangan seharusnya mendatangkan kebahagiaan dan kepercayaan diri bagimu. Kalau dalam sebuah hubungan kamu malah merasa sedih, takut, dan terus-terusan kecewa, itu mungkin tanda hubunganmu mulai ‘toxic’ dan perlu segera ditinggalkan.

BRIGHTSIDE| HEALTH.HARVARD

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments