hero
(INDEPENDENT)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 Mei 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Berpuasa kerap identik dengan satu hal yang kurang menyenangkan, yakni bau mulut enggak sedap. Selain itu, ternyata secara umum, survei membuktikan ada sekitar 35% - 45% orang di dunia mengalami bau mulut dalam hari-hari mereka.

Bahkan, orang Amerika menghabiskan sekitar $ 10 miliar setiap tahunnya untuk produk kesehatan mulut. Seperti permen, obat kumur, pasta gigi, dan sebagainya yang dapat melawan bau mulut.

Nah, berikut ini beberapa trik yang bisa kamu coba saat sahur atau berbuka puasa. Untuk mengurangi potensi bau mulut sehari-hari, seperti dilansir Brightside berikut ini.

1Gunakan penyegar mulut alami

Gunakan penyegar mulut alami. (BRIGHTSIDE)

Di pasaran memang beredar banyak produk yang dapat mengatasi bau mulut, tapi ada banyak juga bahan alami yang bisa kamu coba. Di antaranya daun mint, cengkeh, kapulaga, dan biji adas.

Kamu juga bisa coba berkumur atau menyikat gigi dengan larutan baking soda. Yang terbukti ampuh membilas mulut dan membunuh bakteri.

2Perhatikan makanan

Perhatikan makanan. (BRIGHTSIDE)

Beberapa makanan diketahui dapat menyebabkan bau mulut, antara lain bawang merah dan bawang putih. Juga, hindari makanan yang tinggi fruktosa atau asam karena dapat mendorong pertumbuhan bakteri.

Lebih baik makan apel atau yogurt. Apel mengandung pektin heteropolisakarida yang diketahui merangsang produksi air liur. Sementara kultur aktif dalam yogurt membantu mengurangi bakteri dalam mulut.

3Bersihkan lidah

Bersihkan lidah. (BRIGHTSIDE)

Lidah bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri yang memicu bau mulut. Setelah menyikat gigi, gunakan sikat gigi untuk menyikat perlahan lidahmu. Atau gunakan alat scraper lidah untuk pembersihan yang lebih optimal.

4Sikat gigi teratur

Sikat gigi teratur. (BRIGHTSIDE)

Sikat gigimu selama 2 menit, dua kali sehari. Dan bersihkan sela gigi dengan benang setidaknya sekali sehari.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 55% wanita yang menyikat gigi dua kali sehari. Dan persentase pria bahkan lebih rendah yaitu hanya 49%. Menyikat dan membersihkan gigi membantu membuang makanan yang terperangkap, yang dapat memancing bakteri penyebab bau mulut.

5Jaga kesehatan gusi

Jaga kesehatan gusi. (BRIGHTSIDE)

Penyakit gusi diketahui bisa menyebabkan bau mulut. Untuk menjaga gusi tetap sehat, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Juga, berhentilah merokok karena merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan pada gusi.

 

BRIGHTSIDE| XBADBREATH| NCBI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments