hero
(TRAVELANDLEISURE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

13 April 2019, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Cherry blossom selalu menjadi salah satu musim paling ditunggu-tunggu. Enggak cuma Jepang, ternyata Festival Bunga Sakura juga ada lho, di sejumlah negara lainnya. Di mana sajakah? Yuk kita lihat fakta-fakta di balik bunga sakura.

1Bunga sakura enggak cuma tumbuh di Jepang

Bunga sakura yang tumbuh di Jerman. (MENTAL FLOSS)

Salah satu tempat yang terkenal akan keindahan bunga sakuranya ialah Yoshino dan Kyoto, Jepang. Turis-turis membanjiri Jepang setiap musim semi untuk mencoba kegiatan yang telah dilakukan berabad-abad, yakni hanami atau “melihat bunga”. 

Namun, Jepang bukanlah satu-satunya negara yang memiliki bunga sakura. Meskipun sedikit berbeda dengan suasana di Jepang, tapi bunga sakura di Washingtong, D.C., New York City, Philadelphia, St.Louis, Seattle, San Fransisco, dan Boston memiliki keindahan masing-masing. Bunga-bunga itu juga dapat dilihat di beberapa negara Eropa dan Asia, serta Brasil dan Australia.

2Jenis warna bunga sakura

Jenis warna bunga sakura. (CANVA)

Jepang khususnya, merupakan rumah bagi ratusan jenis pohon sakura. Terdapat lebih dari 600 jenis bunga sakura di Jepang. Setiap jenis memiliki warna bunga yang berbeda-beda.

Ada beberapa bunga yang berubah dari pink tua menjadi pink muda hingga akhirnya berubah menjadi putih. Ada pula yang memiliki bunga dengan warna kuning kehijauan yang berubah menjadi putih kemudian berubah lagi menjadi pink.Perubahan warna pada bunga tersebut disebabkan oleh tingkat kemekaran bunga.

3Hanya mekar dalam waktu yang singkat

Hanya mekar dalam waktu yang singkat. (YOUTUBE THE BETTER INDIA)

Sakura hanya berbunga sekitar satu hingga dua minggu. Namun mereka hanya dapat mempertahankan “warna puncak” selama kurang lebih tiga hari. Mekarnya bunga sakura bergantung pada banyak faktor, termasuk lokasi, suhu, dan sinar matahari. Biasanya bunga sakura mulai merkar pada akhir Maret hingga awal April.

4Tumbuhnya bunga sakura dipengaruhi perubahan iklim

Tumbuhnya bunga sakura dipengaruhi perubahan iklim. (THE GEORGIA STRAIGHT)

Beberapa peneliti mengatakan bahwa pohon sakura berbunga semakin cepat seiring dengan semakin panasnya suhu bumi. Dr. Soo-Hyung Kim, seorang ahli ekofisiologi di Universitas Washington yang mempelajari fenomena tersebut mengatakan, pada tahun 2080 kita mungkin dapat menyaksikan pohon itu berbunga di bulan Februari.

5Kamu bisa dipenjara kalau merusak pohon sakura

Kamu bisa dipenjara kalau merusak pohon sakura. (EDMONTON JOURNAL)

Meskipun bunga sakura sangat indah, jangan pernah mengambilnya sebagai souvenir. Contohnya saja Washington D.C., memetik bunga atau mematahkan batang pohon dianggap sebagai vandalisme. 

Mereka yang nekat merusak pohon sakura dapat menerima surat peringatan bahkan ditahan. Dikatakan juga bahwa memanjat pohon sakura merupakan tindakan yang ilegal. Peraturan-peraturan tersebut ditetapkan karena batang yang telah rusak enggak akan dapat tumbuh lagi.

6Pohon sakura pertama yang sampai di Amerika merupakan bencana

Pohon sakura pertama yang sampai di Amerika merupakan bencana. (LIBRARY OF CONGRESS)

Pada 1909 Jepang menawarkan untuk mengirim 2000 pohon sakura ke Amerika sebagai simbol pertemanan dua negara. Meskipun didasarkan niat baik dan tulus, namun yang terjadi adalah pengiriman pohon sakura berubah menjadi sebuah bencana. 

Pada 1910, pohon sakura yang sampai di Washington D.C sangat lemah. Karena pemangkasan di bagian akar. Dan pohon tersebut juga penuh dengan serangga pemakan kayu. 

Meskipun ada upaya untuk menyelamatkan pohon tersebut, pada akhirnya semua pohon itu dibakar hingga enggak bersisa. Kedua belah pihak merasa malu karena kejadian itu. 

Namun Wali Kota Tokyo, Yokio Ozaki mencairkan suasana dengan membuat lelucon. “Sejujurnya sudah menjadi tradisi Amerika sejak presiden pertama Anda, George Washington untuk menghancurkan pohon sakura. Jadi enggak ada yang perlu dikhawatirkan. Bahkan, Anda seharusnya merasa bangga”, kelakar Yokio.

7Bunga dan daun sakura dapat dimakan

Bunga dan daun sakura dapat dimakan. (PRODUCE BUSINESS UK)

Di Jepang, enggak ada satu pun bagian dari pohon sakura yang enggak berguna. Daun sakura yang diawetkan biasanya digunakan sebagai pembungkus mochi.

Sejumlah makanan ringan musiman juga menjadikan sakura sebagai bahan makanan. Beberapa minuman ringan seperti Pepsi,Coke, Teh, bahkan Starbucks latte pun menggunakan sakura sebagai salah satu variannya. Ada pula Kit Kats dan Pocky yang memiliki produk dengan rasa sakura. 

8Inspirasi di balik lego terbesar di dunia

Inspirasi di balik lego terbesar di dunia. (GUINESS WORLD RECORD)

Legoland Jepang, sebuah taman hiburan di Nagoya memecahkan rekor dunia pada 2018 untuk lego pohon sakura terbesar yang pernah dibuat. Pohon tersebut memiliki tinggi sekitar 4,2 meter dengan berat hingga 3.000 kg. pohon sakura tersebut disusun menggunakan 800.000 ribu potongan lego.

MENTAL FLOSS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments