hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

5 April 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Liver atau Hati adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh. Karena, liver lah yang memproses dan menetralisasi racun yang masuk ke tubuh. Sebab itu, menjaga liver agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik itu perlu, dengan cara mengonsumsi makanan-makanan berikut.

1Bawang putih

Bawang putih. (BRIGHTSIDE)

Banyak orang enggak suka makan bawang putih, tapi bawang putih justru kaya akan kandungan yang baik untuk liver. Bawang putih mengandung selenium yang meningkatkan efektivitas antioksidan dan mendetoksifikasi tubuh.

Ada pula kandungan arginin, asam amino yang mampu merenggangkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah pada liver. Selain itu bawang putih juga mengandung vitamin B6 sebagai agen anti-inflamasi, dan vitamin C yang melindungi tubuh dari oksidasi sel.

2Minyak zaitun

Minyak zaitun. (PIXABAY)

Bila dikonsumsi secukupnya, minyak zaitun berfungsi menjadi dasar lipid yang dapat membantu fungsi hati untuk menetralisasi racun.

3Sayuran hijau

Sayuran hijau. (BRIGHTSIDE)

Sayuran hijau seperti bayam, daun arugula, dan daun chicory dapat memperlancar aliran empedu memproses zat buang dalam tubuh. Selain itu, akar bit juga dapat membantu membersihkan darah, meningkatkan kerja liver dan menghasilkan nutrisi.

Jangan lupakan pula brokoli, kembang kol, dan kecambah yang juga dapat membantu liver menghasilkan enzim yang akan membuang racun dalam tubuh.

4Teh hijau

Teh hijau. (PIXABAY)

Kaya akan antioksidan yang bernama katekin, teh hijau bermanfaat untuk menangkal pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

5Jeruk bali

Jeruk bali. (PIXABAY)

Selain mengandung banyak vitamin C, jeruk bali juga mengandung glutathione yaitu protein yang mengandung tiga asam amino utama. Gltathione dapat membantu liver menghasilkan enzim untuk detoksifikasi tubuh.

6Kacang kenari

Kacang kenari. (BRIGHTSIDE)

Seperti bawang putih, kacang kenari kaya akan arginin, juga glutathione dan asam lemak omega 3 yang membantu kerja liver mendetoksifikasi racun. Tak hanya itu, kenari juga mengandung antioksidan dan lemak tak jenuh yang berfungsi membentuk membran yang melindungsi sel hati.

7Apel

Apel. (PIXABAY)

Apel mengandung pektin yang berfungsi meringankan kerja liver. Membuang racun dari saluran pencernaan.

8Kunyit

Kunyit. (BRIGHTSIDE)

Kandungan kurkumin dalam kunyit merupakan sumber antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi saluran dan aliran empedu, serta membersihkan liver. Kurkumin juga dapat meremajakan sel hati dan mencegah terbentuknya senyawa beracun dalm tubuh.

9Lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis. (PIXABAY)

Keduanya kaya akan vitamin C yang berfungsi mengubah racun menjadi senyawa yang lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Mengonsumsi lemon dan jeruk nipis dapat membantu menstimulasi fungsi liver.

10Alpukat

Alpukat. (PIXABAY)

Alpukat dikenal sebagai makanan super, karena kaya akan kandungan nutrisi. Vitamin C dan E dalam alpukat dapat menjadi antioksidan untuk radikal bebas dan melindungi sel hati dari kerusakan. Sedangkan vitamin K di dalamnya dapat melindungi liver dari bahaya racun dan lemak sehatnya, sekaligus mengontrol kolestrol. 

 

 

 

BRIGHTSIDE 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments