hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

2 April 2019, 07:50 WIB

INDONESIA

Membiasakan diri untuk olahraga memang bukan perkara mudah, apalagi di tengah suasana liburan seperti sekarang ini. Namun, sulit bukan berarti enggak bisa kok. Karena ada beberapa cara yang bisa bikin memulai kebiasaan olahraga enggak begitu menyiksa. Simak ya beberapa tips berikut ini agar kamu bisa menjalankan jadwal olahraga rutin dengan mudah.

1Mulai dari 2 kali seminggu

Mulai dari 2 kali seminggu. (COLLEGECANDY)

Saat memulai, biasanya orang cenderung ingin langsung intens berolahraga. Namun, cara ini enggak efektif dan biasanya enggak akan bertahan lama. Lebih baik, mulai dulu dari dua kali seminggu sampai tubuhmu nyaman dengan semua gerakan. Setelah itu, kamu bisa tambahkan jumlah hari sesuai kebutuhanmu.

2Coba olahraga di rumah

Coba olahraga di rumah. (POPSUGAR)

Jangan langsung mendaftar kelas atau gym ketika kamu baru mau memulai kebiasaan olahraga. Karena biasanya badanmu belum terbiasa dengan gerakan dan peralatan yang digunakan. Lebih baik, coba dulu beberapa gerakan seperti yoga dan pilates di rumah dengan bantuan Youtube. Sampai badanmu terbiasa dengan setiap gerakan-gerakannya. 

3Cari tempat gym yang nyaman

Cari tempat gym yang nyaman. (PINTEREST)

Kalau tubuhmu sudah mulai nyaman dengan gerakan-gerakan dasar, mulailah memilih tempat gym yang sesuai dengan kebutuhan dan jadwalmu. Jangan ragu untuk meminta percobaan 1-2 kali dan menanyakan program keanggotaan di masing-masing tempat gym pilihanmu. 

4Pakai jasa personal trainer

Pakai jasa personal trainer. (PINTEREST)

Peran personal trainer juga cukup penting untuk memberi arahan soal cara menggunakan peralatan dan teknik gerakan di tempat gym. Cobalah memakai jasa personal trainer untuk beberapa kali pertemuan awal agar kamu lebih percaya diri saat berolahraga. 

5Jaga motivasi

Jaga motivasi. (FITDANVERS)

Harus diakui, semangat untuk berolahraga itu enggak muncul setiap hari. Bisa saja kamu merasa lelah atau stres, sehingga malas melanjutkan jadwal olahraga. Untuk itu, buatlah trik agar kamu tetap termotivasi. Misalnya, minta pacar atau sahabatmu untuk mengingatkan saat kamu mulai lengah mengikuti jadwal olahragamu. 

6Coba olahraga lain

Coba olahraga lain, dengan wall climbing salah satunya. (TIMEOUT)

Kalau kamu sudah mulai merasa bosan dengan satu jenis olahraga, jangan ragu untuk cari alternatif lain. Kamu bisa coba panjat tebing, trampolin, hula-hoop, berselancar, bersepeda, dan masih banyak lagi. Serta coba juga ajak teman-teman yang lain untuk membuat tim pertemanan sehat. 

7Ingat alasan berolahraga

Ingat alasan berolahraga. (FITNESS MOTIVATIONAL QUOTES)

Salah satu cara untuk bertahan disiplin olahraga adalah terus mengingat tujuan utama melakukannya. Target untuk punya badan langsing itu sifatnya jangka pendek. Sedangkan target untuk hidup fit, sehat, dan bahagia biasanya lebih ampuh untuk menjaga semangat.

 

HUFFINGTON POST| BUSINESS MIRROR| BRIGHTSIDE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments