hero
(Telegraph)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Maret 2019, 09:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) memang bikin galau. Banyak orang merasa takut gagal melakukannya karena terpisah jarak dan perbedaan waktu dengan pasangan. Tapi sebenarnya kita bisa loh menjalani LDR dan menjadikan hubungan kita awet. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya yang bisa kamu coba:

1. HATI-HATI PILIH OBROLAN

(Pixabay)

Dalam berhubungan, pasti ada topik-topik serius yang ingin kamu obrolin berdua. Nah, sebaiknya hindari membicarakan hal ini lewat telepon atau chatting room karena bisa menimbulkan salah paham.

Sebaiknya, obrolan serius ini kalian bicarakan saat bertemu langsung dengan pasangan. Sementara saat di telepon atau chatting room, kalian bisa membahas hal ringan yang menyenangkan.

2. TERBUKA

(Pixabay)

Saat menjalani LDR, pastinya ada dong rasa cemas yang kalian simpan terhadap pasangan. Nah, sebaiknya kamu dan si dia berusaha untuk saling terbuka tentang perasaan masing-masing. Hindari juga pikiran-pikiran negatif yang dapat mempengaruhi hubungan kalian.

Saat kamu merasa cemburu, coba pikirkan lagi penyebabnya. Bisa jadi karena kamu kurang percaya diri atau kurang rasa percaya di antara kalian. Cobalah untuk berpikir positif dalam membangun hubungan kalian.

3. PELAJARI KARAKTER MASING-MASING

(Pixabay)

Setiap orang punya manajemen konflik masing-masing. Hal  ini tentunya juga dimiliki oleh kamu dan pasangan saat menghadapi masalah. Saat lagi berantem, sebaiknya jangan langsung emosi ke pasangan yang tidak menghubungi kamu. Mungkin dia butuh waktu untuk mengatasi emosinya dulu, sebelum kembali berbaikan sama kamu.

4. CARI CARA KREATIF

(Pixabay)

Kalau bosan chatting atau video call, kenapa enggak mencoba kirim surat atau rekaman berisi video kamu ke pasangan yang tinggal di kota lain? Selain seru, cara kreatif ini juga bisa bikin hubungan kalian makin asyik.

Kamu juga bisa tiba-tiba datang ke tempat tinggalnya dan membawa kado kejutan. Wah, si dia bisa makin lengket deh.

5. BERI RUANG

(Pixabay)

Saat LDR-an, jangan berharap si dia bakal langsung merespon setiap pesan yang kamu kirim. Kamu dan dia mesti sadar, kalau kalian punya kehidupan pribadi yang mesti dijalani dengan baik.

Misalnya, saat kamu chatting, mungkin si dia sedang ribet dengan kerjaannya. Dengan bersabar dan memberi ruang pribadi, kalian bisa memaksimalkan potensi pribadi masing-masing.

 

6. NIKMATI KEHIDUPAN PRIBADI

(Pixabay)

Meski memiliki hubungan dekat dengan pacar, tentunya kamu juga punya teman-teman yang mengisi hidup kamu. So, biar enggak galau dengan LDR, coba juga nikmati kehidupan pribadi kamu dengan teman-teman.

Kamu juga perlu memiliki me time dengan menjalani hobi, kumpul dengan komunitas atau kegiatan lain yang membuatmu bertemu orang baru. Cara ini bakal bikin hidup kamu lebih seru dan menyenangkan.

7. TEMUKAN HOBI BERSAMA

(Pixabay)

Kalau saat chatting kamu dan dia hanya mengobrolkan perasaan kalian, dijamin bakal membosankan. Coba temukan aktivitas yang kalian sukai seperti traveling, olahraga atau nonton film. Dengan begitu, kalian punya banyak topik menarik yang bisa diobrolin.

8. JAGA KEDEKATAN

(Pixabay)

Meski berada di jarak yang berjauhan, bukan berarti kalian tidak bisa dekat satu sama lain. Manfaatkan teknologi untuk menjaga keakraban kamu dan pasangan. Misalnya dengan sarapan bareng lewat videocall atau mengajak pasangan untuk memilih outfit kerja. Buat si dia merasa spesial dengan melibatkannya di kehidupan sehari-hari. 

BRIGHTSIDE

31

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments