hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

25 Februari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Kebiasaan makan seseorang bisa terlihat dari kondisi giginya. Kalau kamu sering mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, maka bisa dipastikan ada gigi yang rusak atau menghitam. Jika kamu mengonsumsi alkohol, kondisi gusi kamu bisa jadi kurang baik. Begitu kalau kamu sering mengonsumsi soda, kondisi gigi akan rusak.

Karena itulah, kamu juga harus pintar-pintar memilih makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan gigi indah dan sehat. Berikut ada beberapa pilihan yang mudah ditemukan sehari-hari:

 

1. Apel

Konsumsilah apel sesering mungkin.  (PEXELS.COM)

Apel adalah buah yang kaya air dan serat, dan kedua hal ini sangat baik untuk menghilangkan sisa makanan yang ada di gigi. Tekstur apel yang renyah juga baik untuk gigi, karena proses mengunyah akan memproduksi saliva yang bisa melindungi gigi dari gula, asam dan bakteri. Ketiga hal inilah yang menyebabkan gigi rusak.

2. Keju

Keju. (PIXABAY.COM)

Keju dan produk susu lainnya, seperti yogurt, membantu saliva memproduksi bakteri yang meningkatkan kadar pH di mulut. Hal ini membuat gigi kamu jauh dari kemungkinan rusak dan bolong. Keju juga mengandung kalsium dan protein yang bisa menguatkan email gigi.

3. Sayuran hijau

Aneka sayuran hijau juga baik untuk gigi. (PREVENT FOOD)

Sayuran hijau seperti selada, bayam dan kale mengandung banyak vitamin dan mineral. Sayuran hijau juga kaya kalsium yang bermanfaat untuk memperkuat email gigi.

4. Almond

Almond untuk kesehatan gigi.

Kacang almond sangat baik untuk kesehatan gigi karena mengandung kalsium, protein dan rendah gula. Proses mengunyah almond juga memicu produksi saliva yang sangat penting untuk menjauhkan bakteri dari gigi.

5. Air

Konsumsi air putih leboh banyak untuk menjaga kesehatan gigi.

Ingin gigi yang bersih dan kuat? Ingin kondisi mulut dan gusi kamu sehat? Maka kamu wajib mengonsumsi air lebih banyak. Air mengandung fluoride, sejenis mineral yang  ampuh memperkuat gihi. Air juga berkhasiat membasuh semua sisa makanan di mulut! Karena itu, jangan remehkan manfaat air untuk gigi ya.

PREVENT FOOD | BRIGHTSIDE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments