hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 Februari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kebanyakan orang mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak tubuh. Eits, tapi jangan salah, enggak sedikit juga orang yang justru kesulitan menambah berat badan atau berniat untuk menambah massa tubuh alias otot.

Sayangnya, makanan seperti junk food bukanlah solusi untuk menaikkan berat badan. Sebaliknya, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan yang kaya nutrisi, lemak, dan protein sehat. Agar dapat mewujudkan tubuh maupun bentuk otot yang ideal.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikan asupan dengan olahraga teratur. Sehingga proses membangun otot bisa lebih cepat. Nah, mau tahu apa saja makanan yang ampuh menambah berat dan massa otot? Berikut daftarnya yang telah dilansir dari Brightside

1Susu

Susu. (BRIGHTSIDE)

Susu kaya akan protein, karbohidrat, dan lemak, serta kalsium, kasein, dan vitamin lainnya. Studi membuktikan bahwa setelah berolahraga, minum susu skim membantu membangun otot lebih efektif, daripada minuman protein kedelai. Tapi kalau kamu bukan orang yang enggak terlalu rutin melatih otot, minumlah sekitar satu atau 2 gelas susu saat makan.

2Alpukat

Alpukat. (BRIGHTSIDE)

Alpukat adalah rajanya sumber lemak sehat. Buah ini sangat bergizi dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, karena enggak mengandung banyak kalori. Tetapi tetap menjadi salah satu makanan terbaik untuk menambah berat badan. Satu alpukat sarat dengan 332 kalori, 29 gram lemak, dan 17 gram serat. Alpukat juga kaya akan vitamin C, E, dan K.

Cocok menambahkan alpukat ke salad dan sandwich sebagai alternatif. Cara yang menyenangkan dalam proses menambah berat badan yang sehat bukan?

3Daging merah

Daging merah. (BRIGHTSIDE)

Daging merah memiliki segala yang dibutuhkan untuk menambah berat badan dan membangun otot. Pertama, mengandung leusin dan creatine, nutrisi untuk stimulasi protein otot dan pembentukan jaringan otot baru.

Kedua, mengandung protein dan lemak, yang membantumu menambah berat badan. Penting untuk diingat, konsumsi daging berlebih tentunya enggak sehat. Jangan lupa untuk memilih potongan daging yang sedikit atau tanpa lemak ya.

4Kacang kedelai

Kacang kedelai. (COOKING WITH KOJI)

Kacang kedelai adalah sumber vitamin K, zat besi, dan fosfor yang baik. Zat besi menyimpan dan mengangkut oksigen melalui darah dan otot.

Satu cangkir kedelai rebus mengandung 298 kalori, 29 gram protein, 17 gram karbohidrat, dan 15 gram lemak. Selain itu, kedelai adalah antioksidan yang sangat baik dan membantu meningkatkan pemulihan setelah berolahraga.

5Tahu

Tahu. (BRIGHTSIDE)

Diproduksi dari susu kedelai, tahu dimanfaatkan oleh beberapa orang sebagai pengganti daging. Dan dianggap sebagai pilihan makanan yang baik untuk vegan dan vegetarian.

Ini adalah sumber protein nabati, leusin, dan kalsium nabati yang dibutuhkan untuk fungsi otot. Faktanya, protein kedelai dalam tahu adalah salah satu protein nabati terbaik yang dapat kamu temukan lho.

6Salmon atau ikan berlemak lainnya

Salmon atau ikan berlemak lainnya. (BRIGHTSIDE)

Sumber lain yang menakjubkan untuk protein berkualitas tinggi dan lemak sehat adalah ikan yang mengandung lemak. Ikan seperti salmon dan tuna, enggak hanya membantu dalam membangun otot, tetapi bermanfaat bagi seluruh tubuh secara umum. Karena kandungan asam lemak omega-3 nya. Kombinasikan dengan nasi dan sayuran untuk hidangan lengkap.

7Telur

Telur. (BRIGHTSIDE)

Telur adalah bahan terbaik dari yang terbaik dalam hal makanan pembentuk otot yang sehat. Banyak atlet dan binaragawan akan setuju dengan hal ini. Karena kandungan dalam telur merupakan gabungan protein berkualitas tinggi dan lemak sehat.

Hampir semua elemen penting dan bermanfaat dalam telur ada di kuning telur. Untuk hasil maksimal, kamu dapat makan 3 atau lebih telur per hari untuk mengimbangi latihan pembentukan otot.

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments