hero
(Video Hive)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

14 Februari 2019, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sebagai salah satu alat transportasi, pesawat didesain sedemikian rupa buat menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang. Misalnya desain jendela hingga warna putih yang selalu identik dengan "burung besi" ini. Kira-kira apa saja maknanya? Berikut ini lima fakta unik tentang pesawat: 

1. Kenapa jendela pesawat berbentuk bundar?

(Brightside)

Di tahun 1950, de Havilland pertama kali membuat pesawat jet komersial dengan jendela berbentuk persegi. Pesawat ini bertahan selama satu tahun. Tapi enggak lama kemudian, pesawat ini hancur berkeping saat penerbangan. Kejadian serupa kembali terjadi dua bulan kemudian. 

Setelah melalui analisa tim penerbang, ternyata kecelakaan ini dipengaruhi bentuk jendela. Jendela yang kotak membuat tekanan udara semakin kuat, terutama di sudut-sudut jendela. Akibatnya resiko kerusakan pesawat pun makin besar. 

2. Kenapa bentuk moncong pesawat berbeda-beda?

(Brightside)

Semakin runcing bentuk moncongnya, suatu pesawat bakal melaku makin cepat. Inilah alasan pesawat-pesawat militer memiliki moncong yang menukik tajam. Selain itu, bentuk moncong yang panjang menghalangi jarak pandang pilot. 

Jadi, kebanyakan pesawat jet memiliki bentuk moncong yang membulat agar pilot bisa melihat landasan pesawat secara akurat. Kedua hal ini kemudian digabungkan oleh sekelompok engineers asal Rusia di tahun 1960-an. 

Mereka membuat pesawat jet tercepat dengan memodifikasi bentuk moncong pesawat. Saat landing dan take off, moncong pesawat bisa terlipat. Sementara saat terbang, moncong berbentuk panjang agar bisa melaju cepat. 

3. Kenapa pesawat dicat putih?

(Brightside)

Warna putih dipilih karena beberapa alasan. Pertama karena lebih hemat dibanding cat warna lain. Kedua, mencegah tabrakan dengan burung. Burung lebih tanggap melihat refleksi cahaya dari permukaan berwarna putih. Ketiga, refleksi panas. Pesawat bercat putih akan lebih sedikit menyimpan panas dibanding warna lain.

Hal ini membuat penumpang lebih nyaman dan lebih ekonomis bagi maskapai penerbangan. Keempat, mudah terlihat. Warna putih membuat petugas lebih mudah melihat apabila ada kerusakan, retak atau masalah lain di badan pesawat.

4. Kenapa akses penumpang ada di sisi kiri pesawat?

(Brightside)

Ada beberapa alasan, kenapa pintu akses penumpang ada di sisi kiri pesawat. Pertama, sisi kanan digunakan untuk akses pengangkutan barang atau kargo. Kedua, karena kapten penerbang duduk di sisi kiri.

Hal ini memudahkan mereka buat mendaratkan pesawat di posisi paling nyaman bagi penumpang. Ketiga, ada juga yang bilang kalau ini sudah tradisi lama. Kapal-kapal di zaman dulu juga memanfaatkan sisi kanan buat mengangkut barang dan sisi kiri untuk mengangkut penumpang. 

5. Kenapa ruang pesawat terlihat luas?

(Brightside)

Desainer memiliki trik khusus yang membuat pesawat terlihat luas dan berkapasitas besar. Misalnya dengan desain khusus pada dinding pesawat dan jendela sehingga bisa merefleksikan cahaya dengan baik. 

Kemudian desain di bagian langit-langit membuat ruang pesawat terkesan tinggi. Trik-trik seperti ini membantu orang-orang yang takut ketinggian, atau takut di ruang sempit untuk tetap nyaman di pesawat. 

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments