hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

11 Februari 2019, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Selama ini banyak yang menganggap jika pasangan yang langgeng adalah pasangan yang jarang bertengkar dan selalu sependapat. Padahal menurut hasil penelitian, pasangan yang sering bertengkar itu ternyata lebih membuktikan bahwa keduanya saling mencintai loh.

Menurut laman Brightside pada 8 Februari 2019, survei terbaru menunjukan 44% pasangan yang sudah menikah percaya bahwa pertengkaran lebih dari sekali selama seminggu bisa membuat hubungan mereka jadi awet.

Sebab, dengan bertengkar bisa menjaga hubungan yang sehat dan produktif. Walaupun sering berselisih paham, banyak pasangan yang selalu menemukan cara untuk berdamai.

Enggak percaya? Yuk, langsung kita lihat alasan mengapa pasangan yang sering bertengkar justu bisa memiliki hubungan yang awet berikut ini:

1. Membuat hubungan dianggap lebih matang.

 

Saat dua kepala bertemu, sudah pasti akan terjadi perbedaan pendapat. Dengan adanya cekcok, pasangan dianggap mampu mendiskusikan masalah secara jujur dan jelas. Selain itu dengan berdebat, mereka bisa memperbaiki hal yang salah dalam hubungan.

2. Bertengkar tunjukan rasa saling peduli.


Ketika pasangan mulai merasa tidak suka dan setuju dengan apa yang kamu lakukan, tandanya dia masih peduli dengan kamu loh. Meski melalu cara sedikit menyebalkan, sebenarnya pasangan hanya ingin kamu menjadi lebih baik kedepannya dan meninggalkan kebiasaan buruk. So, bisa dibilang bertengkar itu berarti tandanya pasangan masih sayang dan peduli.

3. Berkomunikasi lebih mudah.

 

Salah satu dampak postif dari adanya pertengkaran adalah kamu dan pasangan bisa berkomunikasi yang secara terbuka dan jujur. Ini tentunya akan membuat hubunganmu semakin intim karena sering saling mendengar satu sama lain.

4. Menunjukan hubungan yang sehat.


Banyak psikolog beranggapan jika salah satu indikator hubungan yang sehat adalah pasangan tersebut sering berdebat. Bahkan bagi mereka, ada hal yang enggak normal jika ada pasangan yang tidak pernah berselisih paham.

Tapi yang perlu diingat, berdebat dalam hal ini adalah cara mengutarakan pendapat tanpa menggunakan emosi dan nada yang tinggi ya.

5. Membuat hubungan lebih kuat.

 

Konflik yang terjadi diantara pasangan kekasih sebenarnya bisa membantu untuk mengungkap sifat dan karakter masing-masing. Jika berhasil mengatasi konflik, maka kamu dan pasangan bisa paham bagaimana cara berkompromi dan memperkuat hubungan kalian.

6. Lebih mudah untuk hidup bersama.

 

Menurut sebuah hasil penelitian, banyak pasangan yang melakukan kesalahan dengan menghindar dari masalah. Padahal jika mampu mengatasi masalah bersama, pasangan tersebut berpeluang untuk tetap bersama dalam waktu yang lama.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments