hero
(Cometrend)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Februari 2019, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Saat memilih sebuah sepatu, banyak cewek yang hanya melihat dari design dan warnanya saja. Padahal, kualitas dan bentuk dari sepatu itu juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika salah memilih sepatu, bukannya tampil cantik malah akan membuat kaki atau bahkan tubuh kamu jadi korban. 

Nah, supaya enggak salah pilih, ketahui daftar sepatu yang kurang baik untuk kesehatan seperti yang dilansir dari laman Brightside berikut ini:

1. Pointed Shoes Terlalu Ketat

(Brightside)

Pointed shoes adalah salah satu jenis sepatu yang ujungnya menyempit atau runcing ke atas. Sepatu jenis ini umumnya terlalu sempit di bagian depan sehingga membuat jari kaki terasa sesak, kemerahan, atau lecet. Meski begitu banyak cewek-cewek yang menyukai sepatu jenis ini karena membuat kaki terlihat lebih ramping.

Nah, buat kamu yang suka dengan jenis sepatu ini ada baiknya beli yang sesuai ukuran ya. Jangan beli sepatu yang terlalu ketat karena akan menyebabkan kamu mengalami nyeri syaraf.

2. Sendal Jepit

(Brightside)

Siapa sih yang enggak suka pakai sendal jepit? Selain ringan, alas kaki yang satu ini cocok untuk digunakan saat santai. Tapi meski sering jadi alas kaki andalan banyak orang, sendal jepit juga bisa menyebabkan bahaya jika digunakan terus menerus loh.

Menggunakan sendal jepit akan menyebabkan kerusakan kulit pada telapak kaki kamu karena lebih besarnya gesekan. Selain itu, sendal jepit bisa membuat pergelangan kaki dan lutut tidak sama.

3. High Heels

(Brightside)

Saat ini memang sudah banyak penelitian yang menyebut jika high heels merupakan salah satu jenis sepatu berbahaya karena bisa merusak syaraf di kaki dan menyebabkan nyeri punggung di bagian bawah. Tapi sayangnya, hampir semua cewek menggunakan high heels demi bisa mempercantik penampilan mereka. Supaya enggak terlalu berbahaya, ada baiknya kamu menggunakan heels yang enggak lebih dari 3 cm ya.

4. Flat Shoes

(Brightside)

Banyak cewek menganggap flat shoes adalah pilihan yang lebih aman dan nyaman ketimbang sepatu hak tinggi. Padahal yang mereka tak sadari, sepatu datar yang tak memiliki hak sama sekali membuat tumit dan bagian tungkai tak tersangga dengan baik.

Flat shoes juga bisa meningkatkan risiko plantar fasciitis. Ini adalah kondisi dimana plantar fascia mengalami peradangan dan menyebabkan nyeri pada tumit hingga sulit untuk berjalan. Tapi kamu enggak perlu panik, kamu bisa membeli sepatu kesehatan untuk memperbaiki kondisi kaki kamu.

5. Running Shoes

(Brightside)

Buat kamu yang suka jogging, running shoes yang ringan pasti jadi pilihan utama saat membeli sepatu. Padahal sepatu jenis ini bisa membuat kaki kamu sakit karena benturannya. Supaya enggak membahayakan kesehatan, ada baiknya kamu menggunakan sepatu atletik dengan alas yang lebih keras dan tebal.

6. Platform Shoes

(Brightside)

Kalau kamu ingin tampil jenjang, tapi belum bisa menggunakan heels pasti lebih sering menggunakan platfrom shoes kan? Meski terlihat lebih aman dibanding heels, sepatu jenis ini juga membahayakan bagi kesehatan kaki.

Sepatu ini tidak memiliki bentuk yang fleksibel dan mempunyai alas kaki yang nyaman. Platform shoes sering disebut bertentangan dengan mekanisme jalan manusia normal. Jadi lebih baik kamu mengurangi penggunaan sepatu ini ya!

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments