hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

5 Februari 2019, 12:05 WIB

INGGRIS

Zaman sekarang rasanya hampir setiap orang mau jadi Youtuber. Apalagi kalau lihat para Youtuber yang sudah punya banyak subscribers dan menghasilkan pendapatan dari video yang mereka buat. Tapi apa segampang itu buat sukses di YouTube?

Jawabannya, enggak! Butuh usaha, kreativitas dan pikiran yang enggak melulu tentang uang. Berikut rahasianya dari tiga Youtuber dengan subscribers terbesar di Inggris, yaitu Scola Dondo, Em Ford dan Suli Breaks: 

1. Pertama, Mulai Melangkah Dulu

(ISTIMEWA)

Sering enggak sih kamu lihat video YouTube orang terus berpikir, "Wah, kalau begini juga gue bisa bikin!". Kalau iya, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah segera memulainya. Percuma kalau berkhayal tanpa ada tindakan nyata. 

Menurut Dondo yang membuat video soal gaya hidup sehat, saat kamu membuat video YouTube bayangkan kamu ada di kamar sendiri. Di saat itu kamu bisa menjadi siapa saja yang kamu inginkan. 

2. Kedua, Pelajari Aturannya

(ISTIMEWA)

Saat memutuskan jadi Youtuber, berarti kamu harus siap menjadi videografer, editor sekaligus manajer buat akun kamu sendiri. "Kamu harus mempelajari ini dalam satu waktu. Dan tentunya butuh waktu yang enggak sebentar untuk mahir melakukan semuanya," kata Dondo. 

Bukan hanya itu, menurut Suli Breaks yang sering tampil membawakan puisi, seorang Youtuber harus tanggap dengan isu yang terjadi. "Penting untuk mengikuti tren di platform ini. Kamu harus cepat belajar dan tanggap karena itulah yang dilakukan Youtubers dan orang lain di YouTube," jelas Breaks. 

3. Ketiga, Sabar dan Konsisten

(ISTIMEWA)

Menurut Em Ford yang membuat channel YouTube tentang kecantikan, seorang Youtuber mesti konsisten membuat konten.

"Usahakan yang terbaik dan pelajari tentang konten atau apapun yang bisa kamu pelajari. Setiap Youtuber punya click momennya sendiri. Saat kamu menemukan itu, lanjutkanlah," kata Ford.

Konsisten membuat konten juga penting untuk menjaga engangement kamu dengan para subscribers. Usahakan rutin untuk membuat sesuatu yang baru untuk ditampilkan di platform YouTube kamu.  

4. Keempat, Ciptakan Uang

(ISTIMEWA)

Ketiga Youtuber ini percaya, pendapat dari YouTube ads bukan yang utama. Mereka justru menciptakan peluang pendapatan dari hal lain seperti penjualan merchandise, buku atau barang lain. 

"Pendapatan dari iklan bukan yang utama, melainkan dari item lain. Setidaknya YouTube membuka peluang, koneksi dan kesempatan untuk itu semua," kata Dondo. 

5. Kelima, Ada Peluang Selain Youtube

(ISTIMEWA)

YouTube memang jadi sorotan banyak orang. Begitu juga media sosial lain seperti Twitter, Instagram dan banyak lagi. Tapi ada hal lain yang lebih dari itu. 

Seorang content creator yang sesungguhnya bisa membuat konten di platform apapun. Bukan cuma YouTube. Bahkan sekarang, enggak sedikit kreator yang sukses dengan aplikasi atau berhasil menggiring para subscribers ke situs mereka sendiri. 

Kalau orang-orang sudah telanjur suka sama konten buatan kamu, apapun yang kamu buat, mereka bakal tetap menyukainya. 

Well, cukup banyak dan berguna kan rahasia dari tiga Youtuber itu. So, tunggu apa lagi, sekarang waktunya buat menciptakan konten terbaik kamu! 

WEIRD.CO.UK

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments