hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

1 Februari 2019, 14:00 WIB

INDONESIA

Salah satu bagian terbaik dari traveling adalah kesempatan untuk mencicipi makanan lokalnya. Setiap negara memiliki makanan khasnya masing-masing. Menariknya, rasa autentik makanan yang dimiliki oleh setiap Negara itu bisa ditemukan hanya dengan mencicipi makanan kaki lima mereka. Selain murah meriah, makanan-makanan kaki lima juga punya rasa yang lezat yang enggak kalah dari restoran mahal.

 

 

 

 

1.Masala dosa dari India

Masala dosa. (BRIGHT SIDE)

Makanan India merupakan salah satu makanan paling terkenal di seluruh dunia karena kelezatannya. Masala dosa dulunya merupakan makanan yang cukup populer di wilayah selatan India, tapi sekarang sudah menjadi makanan umum di hampir setiap Negara. Masala dosa biasanya terbuat dari nasi, garam, minyak sayur, garam sekam hitam, cabai hijau, daun kari, biji mustar, biji fenugreek, kentang, bawang bombay, dan kunyit.

2.Doner kebab dari Turki

Doner kebab Turki. (BRIGHT SIDE)

Doner kebab bergaya Jerman ini cukup akrab dan kadang disebut sebagai kebab. Makanan ini diperkenalkan oleh imigran Turki di Berlin pada 1970-an. Sejak saat itu doner kebab menjadi salah satu jajanan paling terkenal di Jerman dan beberapa Negara Eropa. Dalam bahasa Turki doner kebab berarti kebab berputar. Doner kebab terbuat dari irisan daging domba, daging sapi, atau ayam, yang dipanggang perlahan disebuah tusukan vertikal yang berputar.

3.Currywurst dari Jerman

Currywust. (BRIGHT SIDE)

Makanan ini dipercaya sudah ditemukan sejak 1949 di Berlin oleh Herta Heuwer ketika dia memutuskan untuk mencampur saus tomat dan bubuk kari yang dia peroleh dari tentara Inggris yang berada di Jerman. Dia kemudian menuangkan campuran bumbu tersebut ke sosis babi panggang dan mulai menjualnya di jalanan. Makanan yang murah tapi enak ini menjadi sangat terkenal dikalangan pekerja bangunan saat itu. Saat ini Currywurst dapat ditemukan dengan mudah di setiap kota di Jerman.

4.Sashimi dari Jepang

Sashimi.

Hidangan asal Jepang ini sangat terkenal, bahkan di luar Jepang. Akan tetapi, sashimi terenak tetap ada di Jepang. Bayangkan koki memotong ikan besar tetap di depan mata kamu dan langsung menyajikannya. Itulah makanan jalanan di Jepang. Sashimi adalah ikan mentah yang diiris tipis. Setiap ikan dipotong dengan ketebalan yang berbeda untuk menonjolkan rasanya. Bahan Sashimi paling populer adalah salmon, tuna, ikan buntal, cumi, dan udang.

5.Arancini dari Italia

Arancini. (BRIGHT SIDE)

Meskipun arti dari nama Arancini adalah jeruk kecil, makanan yang satu ini sama sekali nggak ada hubungannya dengan jeruk. Ternyata nama Arancini diambil dari bentuk dan warnanya yang menyerupai jeruk. Arancini merupakan bola-bola nasi isi yang dilapisi dengan tepung roti dan digoreng. Biasanya Arancini diisi dengan daging dalam saus tomat, mozzarella, dan kacang polong. Arancini berasal dari Sicilia pada abad ke-10, dibawah kekuasaan Arab. Saat ini di kota Palermo, Siracusa, dan Trapani di Sicily, Arancini menjadi makanan tradisional di Santa Lucia karena warga lokalnya tidak mengonsumsi roti atau pasta.

6.Pirozhki dari Rusia

Pirozhki. (BRIGHT SIDE)

Pirozhki merupakan versi kecil dari “pirog”, bahasa Rusia untuk pie. Asal mula nama ini berasal dari kata bahasa kuno Rusia “pir” (“jamuan”), yang menandakan bahwa pirozhki harus disertakan dalam setiap jamuan dan perayaan. Pie kecil ini sekarang dijual di mana saja di Rusia, biasanya di kafetaria kecil dan toko-toko. Isi dari pirozhki bisa apa saja. Mulai dari daging, ikan, dan telur hingga sayuran dan buah.

7.Ji zhua (ceker ayam) dari China

Ceker ayam. (BRIGHT SIDE)

Ceker ayam yang dijadikan makanan mungkin merupakan hal yang aneh untuk beberapa orang. Akan tetapi, di China orang-orang percaya bahwa ceker ayam baik untuk kesehatan dan dapat mengurangi limbah. Ji zhua merupakan jajanan kaki lima umum di China yang mungkin tidak akan ditemui di negara lain. Berbagai rasa bisa ditambahkan pada sajian ini, biasanya acar cabai atau saus barbekyu. Ji zhua juga bisa diasinkan atau digoreng, tapi Ji zhua selalu pedas. Makanan ini sangat populer di China, dan kamu dapat melihat jajaran ceker ayam yang dipajang di etalase kaca di pinggir jalan.

8.Poutine dari Kanada

Poutine. (BRIGHT SIDE)

Sajian asal Kanada ini berasal dari provinsi Quebec, dan terbuat dari kentang goreng dan dadih keju yang di atasnya disiram saus cokelat. Poutine ditemukan di daerah Centre-du-Quebec pada akhir 1950-an. Beberapa restoran dari daerah tersebut mengatakan bahwa mereka adalah  penemunya, tapi tidak ada bukti yang pasti. Poutine sendiri telah menjadi sajian tradisional dan salah satu makanan paling disukai diseluruh Kanada.

9.Pad thai dari Thailand

Pad thai. (BRIGHT SIDE)

Pad thai terdaftar sebagai urutan ke 5 “50 Makanan Paling Lezat” berdasarkan polling yang dikumpulkan oleh CNN Go di 2011. Makanan ini terbuat mi beras yang ditumis dengan tahu, telur, kecap ikan, udang kering, bawang putih, bulir jeruk, gula palem, dan cabai yang disajikan dengan potongan jeruk nipis dan kacang panggang. Pad tahi ditemukan pada masa perang dunia ke-2 ketika Thailand kekurangan cadangan beras karena perang dan banjir. Untuk mengurangi konsumsi nasi, perdana menteri Thailand mempromosikan orang-orang untuk mengonsumsi mi. Sekarang Pad Thai sudah menjadi jajanan utama di Thailand.

10.Pastel de nata dari Portugal

Kita mengenalnya sebagai eggtart. (BRIGHT SIDE)

 

Pastel de nata dicipitakan oleh seorang biarawan Katolik di abad ke-18. Pada saat itu, putih telur dengan jumlah besar digunakan di biara mengilapkan pakaian. Biarawan tersebut kemudian menggunakan kuning telur yang tersisa untuk membuat kue dan roti, dan inilah bagaimana Pastel den nata ditemukan. Tart telur dengan gula dan metega ini sekarang terkenal sebagai jajanan jalanan di Portugal.

BRIGHTSIDE | TRAVEL AND LEISURE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments