hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

30 Januari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Selain gaya hidup dan pola makan enggak sehat, hormon memiliki peran tertentu dalam menambah berat badan. Kalau kamu sudah mengikuti salah satu diet protein populer, misalnya hanya makan daging dan menghindari karbo, selama lebih dari sebulan. Tapi berat badan masih enggak kunjung turun? Nah, hormon estrogen bisa jadi dalangnya.

Untuk menyeimbangkan kelebihan estrogen dalam tubuh, kamu disarankan untuk meminimalkan konsumsi produk kaya protein. Berikut tips-tips lainnya dalam menangkal hormon yang membuat berat badanmu jadi sulit dikontrol.

1Estrogen enggak seimbang

Estrogen enggak seimbang. (BRIGHTSIDE)

Kadar estrogen berlebih membuatmu rentan mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, hormon ini membuat lemak bertumpuk di area pinggul dan membuat siklus menstruasi jadi enggak teratur.

Untuk mencegah estrogen berlebih, kurangi konsumsi daging dan gantikan dengan sayuran. Makanan berserat tinggi mengikat estrogen dan menghilangkannya dari tubuh.

2Kekurangan Serotonin

Kekurangan Serotonin. (BRIGHTSIDE)

Kurangnya hormon serotonin secara signifikan bisa menggiring pada depresi dan mood buruk. Lalu, saat kekurangan hormon ini, kamu akan cenderung mencari pelarian ke makanan manis dan berlemak untuk membuatmu happy.

Untuk itu, konsumsilah lebih banyak telur, kacang-kacangan, dan buah nanas karena itulah sumber alami serotonin. Olahraga ringan dan beraktivitas outdoor juga bisa meningkatkan serotonin.

3Kelebihan Ghrelin

Kelebihan Ghrelin. (BRIGHTSIDE)

Ghrelin adalah hormon yang menentukan apakah kamu lapar atau enggak. Ghrelin dapat membantu menurunkan berat badan dengan mudah, tapi juga membuat sulit untuk mempertahankannya.

Cara mudah untuk mengendalikan hormon ini adalah dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Kurangi gula dan makanan olahan karena meski tinggi kalori, zat yang terkandung dalam makanan ini enggak mampu menjaga kadar Ghrelin. Tidurlah dengan cukup dan jangan stres agar kadar hormon stabil.

4Kelebihan Neuropeptida Y

Kelebihan Neuropeptida Y. (BRIGHTSIDE)

Jika konsentrasi neuropeptida Y tinggi dalam darah, kamu akan berakhir dengan selera makan yang sangat tinggi. Hormon ini enggak hanya dapat menambah berat badan, tetapi juga menyebabkan obesitas klinis yang nyata.

Kelebihan neuropeptida Y menyebabkan jaringan lemak disimpan di punggung bawah, pinggul, dan bokong akibat naiknya berat badan secara cepat. Kecualikan dari makananmu semua makanan dengan konsentrasi gula tinggi di dalamnya. Bumbu dan perasa yang sering membuatmu lapar juga sebaiknya dikurangi.

5Kelebihan Prolaktin

Kelebihan Prolaktin. (BRIGHTSIDE)

Tingkat prolaktin yang tinggi menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat. Wanita mungkin akan mengalami pertumbuhan bulu-bulu rambut di seluruh tubuh mereka, kumis kecil mulai tumbuh, dan siklus menstruasi berubah.

 Kelebihan prolaktin juga menyebabkan pertumbuhan kelenjar susu pada pria. Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, konsultasilah ke dokter karena prolaktin yang tinggi mungkin mengindikasikan tumor hipofisis.

Sama seperti ketidakseimbangan hormon apa pun, kadar prolaktin yang tinggi harus ditangani oleh dokter. Tetapi ada makanan yang juga bisa membantumu menurunkan levelnya, seperti ginseng dan ginkgo biloba yang dapat membantu mengobati ketidakseimbangan prolaktin.

6Kekurangan glukagon

Kekurangan glukagon. (BRIGTHSIDE)

Glukagon menurunkan nafsu makan dan meningkatkan pencernaan lemak. Tingkat hormon ini biasanya turun dalam kondisi tertekan, itu kenapa orang-orang tertentu makan banyak saat stres. Namun, kekurangan glukagon mungkin juga menunjukkan bahwa ada masalah dengan ginjal, hati, atau pankreas.

Untuk meningkatkan kadar glukagon, coba beri jeda panjang di antara waktu makan, hormon akan mencerna lemak dengan sendirinya. Latihan fisik mungkin juga membantu. Paling enggak latihan 30 menit secara signifikan meningkatkan kadar glukagon dalam darah.

7Kekurangan adrenalin

Kekurangan adrenalin. (BRIGHTSIDE)

Adrenalin meningkatkan proses metabolisme dan membakar jaringan lemak. Ingat, adrenalin enggak akan mengubah apa pun di tubuh kamu kecuali kamu mengubah kebiasaan makan. Saat mengurangi karbohidrat seperti roti putih, jagung, dan nasi, adrenalin bersama dengan somatotropin, akan mulai memerangi jaringan lemak.

 Hal-hal yang dapat meningkatkan adrenalin adalah permainan komputer, film horor, wahana menegangkan, dan bahkan berbicara di depan umum. Tambahkan juga pola diet yang sehat.

8Kelebihan testosteron

Kelebihan testosteron. (BRIGHTSIDE)

Testosteron dianggap sebagai hormon pria, tetapi juga memainkan peran penting dalam tubuh wanita. Kelebihan testosteron menyebabkan peningkatan berat badan dan jaringan lemak disimpan di bagian atas tubuh yakni lengan, dada, dan leher.

Kamu dapat menurunkan kadar hormon secara alami dengan hanya bantuan phytoestrogen dalam produk kedelai, kopi, dan gandum utuh. Ganti konsumsi gula rafinasi dengan kurma, apel manis, dan aprikot.

9Kekurangan Adiponektin

Kekurangan Adiponektin. (BRIGHTSIDE)

Kelebihan berat badan sering menjadi tanda kurangnya adiponektin, terutama jika lemak terkonsentrasi di bagian tengah tubuh. Jika kamu didiagnosis menderita diabetes tipe II, kemungkinan tingkat adiponektin dalam tubuhmu terlalu rendah.

Jangan lupakan olahraga dan upayakan berjalan setidaknya 8.000 langkah setiap hari. Ada juga produk luar biasa yang mengatur tingkat hormon dalam darah, yaitu kacang pistachio. Juga, jika kamu mengganti karbohidrat dalam makananmu dengan lemak tak jenuh tunggal seperti alpukat, zaitun, minyak zaitun, lemak pun akan hilang lebih cepat.

 

BRIGHTSIDE| CHATELAINE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments