hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

4 Desember 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Ada banyak produk yang sehari-hari kita gunakan. Bahkan beberapa diantaranya mungkin enggak bisa lepas dari keseharian kita. Produk-produk ini sebenarnya aman banget untuk dikonsumsi, namun jika dikonsumsi terlalu banyak bisa berakibat fatal untuk kesehatan kita. Apa saja produk-produk tersebut dan berapa banyak batasannya agar tetap aman untuk kesehatan? Ini dia daftarnya!

 

1. Kecap

Kecap. (BRIGHTSIDE)

Pada 2013, seorang pria asal Amerika Serikat bertaruh bahwa dia bisa minum satu botol (sekitar 1 liter) kecap. Dia mengalami kejang dan kehilangan kesadaran. Dokter mendiagnosa ia mengalami dehidrasi berat dan jumlah natrium yang berlebihan. Ketidakseimbangan ini berbahaya karena dapat menyebabkan stroke.

2. Teh

Teh. (BRIGHTSIDE)

Pada tahun 2014, seorang pria berusia 56 tahun dirawat di rumah sakit karena gagal ginjal. Hal ini disebakan karena ia terlalu banyak minum teh dingin. Ternyata, dia minum sekitar 16 cangkir per hari yang menyebabkan konsekuensi mengerikan ini. Ginjalnya rusak oleh oksalat, zat kimia yang ada dalam teh hitam. Untuk menghindari konsekuensi ini, kita tidak boleh minum lebih dari 6 cangkir teh hitam per hari.

3. Pala

Pala. (BRIGHTSIDE)

Jika makan sedikit pala, misalnya sebagai bumbu tentu sangat aman. Tetapi jika makan lebih dari 3  sendok makan akan menyebabkan halusinasi seperti sedang mabuk.

4. Tuna

Tuna. (BRIGHTSIDE)

Tuna banyak dikonsumsi para cinta makanan laut dan mereka rata-rata tahu kalau kebanyakan makan tuna berbahaya untuk kesehatan karena kandungan merkurinya. Nah, berapa sih batasan konsumsi tuna yang disebut kebanyakan? Ilustrasinya adalah untuk orang yang memiliki berat badan 68 kilogram, maka jangan mengonsumsi tuna lebih dari 100 gram per 9 hari.

5. Pasta gigi

Pasta gigi. (BRIGHTSIDE)

Pada awal tahun 90-an, semua kemasan pasta gigi menulis peringatan: “Jangan ditelan, jangan gunakan lebih dari seukuran kacang.” Menelan pasta gigi bebas fluoride dalam jumlah besar,  diindikasikan hanya akan menyebabkan sakit perut. Namun, jika menelan banyak pasta gigi yang mengandung fluoride, sangat berbahaya,terutama untuk tubuh anak. Karena fluoride beracun dan dapat menyebabkan pusing, sakit perut, bahkan kematian.

6. Salep untuk otot

Salep otot. (BRIGHTSIDE)

Salep semacam ini biasanya dipakai untuk mengurangi nyeri otot. Meskipun salep semacam ini lazim digunakan, kamu tidak boleh terlalu sering menggunakannya. Terlepas dari fakta bahwa itu dimaksudkan untuk penggunaan eksternal, metil salisilat yang terkandung di salep ini menembus tubuh melalui pori-pori dan dapat menyebabkan konsekuensi berbahaya.

BRIGHTSIDE | HEALTH

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments