hero
(BUZZLE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

3 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pada dekade pertama tahun 1900-an, darah manusia untuk pertama kalinya diklasifikasikan menjadi 4 jenis oleh Karl Landsteiner, seorang dokter asal Austria. Sejak saat itu, sangat penting bagi seseorang untuk mengetahui golongan darahnya. terutama saat dalam situasi darurat, misalnya untuk transfusi yang aman.

Namun, ternyata enggak hanya itu. Karakteristik darah juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh masing-masing orang lho. Bahkan, beberapa orang percaya, golongan darah turut berpengaruh terhadap keberuntungan dan kepribadianmu juga, seperti yang dilansir dari Brightside berikut ini.

1Karakteristik golongan darah O

Karakteristik golongan darah O. (BRIGHTSIDE)

Golongan darah O enggak memiliki antigen A atau B dalam sel darah merah, tetapi memiliki antibodi A dan B dalam plasma. Tipe O + adalah golongan darah yang paling jamak dengan jumlah mencapai 37% - 53% dari populasi etnis dan ras yang berbeda.

2Pemilik darah O adalah pendonor universal

Pemilik darah O adalah pendonor universal. (BRIGHTSIDE)

Orang dengan golongan darah O + dapat menyumbangkan darahnya ke semua 4 kelompok, tetapi hanya untuk orang dengan subkelompok positif RH (O +, A +, B +, AB +). Sel-sel merah tipe O dapat ditransfusi ke semua 8 subkelompok, yang membuatnya menjadi golongan darah universal yang selalu diperlukan untuk transfusi darurat.

3Pemilik darah O hanya bisa menerima donor darah O juga

Pemilik darah O hanya bisa menerima donor darah O juga. (BRIGHTSIDE)

Orang dengan golongan darah O + dapat menerima darah dari orang-orang dengan tipe darah O + dan O-. Sementara mereka yang memiliki tipe darah O-hanya dapat menerima golongan darah O yang sama. Dalam kasus-kasus darurat ketika tipe O- kurang persediaan, maka dapat diganti dengan darah tipe O +.

4Risiko kesehatan

Risiko kesehatan. (BRIGHTSIDE)

Secara umum, orang dengan golongan darah O dianggap lebih rentan terhadap beberapa infeksi bakteri dan virus daripada kelompok darah lainnya. Termasuk rentan terhadap penyakit yang parah seperti wabah, kolera, gondong, dan tuberkulosis. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa individu bergolongan darah O memiliki insiden ulkus duodenum 35% lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan golongan darah A, B, dan AB.

5Keuntungan kesehatan

Keuntungan kesehatan. (BRIGHTSIDE)

Orang dengan golongan darah O memiliki risiko terendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan orang dengan golongan darah A, B, dan AB. Studi menunjukkan bahwa orang yang bukan tipe darah O memiliki risiko 25% lebih tinggi terkena kanker pankreas daripada orang dengan golongan darah O. Terlebih lagi, adalah orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit peredaran darah dan gangguan kognitif. Tapi tetap saja, gaya hidup yang sehat adalah kunci utama juga.

6Diet golongan darah O

Meskipun sangat populer, diet golongan darah kurang terbukti secara ilmiah. (BRIGHTSIDE)

Kamu mungkin familiar dengan yang disebut ‘diet golongan darah’ yang mengklaim bahwa mengonsumsi produk tertentu yang sesuai dengan golongan darah akan membantumu tetap bugar dan sehat. Meskipun sangat populer, diet golongan darah kurang terbukti secara ilmiah. Dan enggak diakui secara universal. Ahli gizi menyarankan bahwa lebih baik mengikuti diet yang dipersonalisasi dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan individumu daripada diet yang terkait dengan golongan darah.

7Kepribadian golongan darah O

Kepribadian golongan darah O. (BRIGHTSIDE)

Selayaknya horoskop. Orang Jepang percaya bahwa orang dengan golongan darah O memiliki sifat dermawan, bergairah, mudah bergaul, dan sukses secara finansial. Mereka juga mayakini pasangan romantis terbaik ditemukan antara tipe darah  O dan tipe A.

 

BRIGHTSIDE| SMITHSONIANMAG

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments