hero
(ALEXANDER BELENKIY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

26 November 2018, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Setiap kota yang dibangun di setiap negeri yang ada di dunia nyatanya belum tentu akan selamanya ditinggali penduduknya. Meski kota-kota tersebut merupakan kota modern yang telah dibangun sejumlah hunian dan gedung baru. Penyebabnya beragam, mulai dari konflik, ekonomi, hingga sebagai antisipasi krisis perang.

Yang  tertinggal hanyalah ratusan rumah hunian kosong. Hingga kota-kota terabaikan tersebut mendapatkan julukan baru, yakni Kota Berhantu. Berikut ini beberapa kota yang dirancang modern, tetapi gagal dan menjadi kota enggak berpenghuni seperti dilansir Brightside. 

1Kangbashi, Cina

Kangbashi, Cina. (PINTEREST)

Cina merupakan salah satu negara dengan pembangunan gedung-gedung baru terbanyak, tetapi sebagian besarnya justru kosong enggak berpenghuni. Dugaannya ialah karena harga properti di Cina terlampau mahal.

Namun ada juga yang berpendapat kota-kota baru dibuat sebagai strategi antisipasi krisis jika perang terjadi. Salah satu kota itu adalah Kangbashi di distrik Ordos. Yang sudah dilengkapi dengan ribuan rumah, bandara, taman, bioskop, museum, dan jalan raya. Tetapi penduduknya cuma 20 ribu orang, sejak dibangun pada 2001 silam.

2Tianducheng, Cina

Tianducheng, Cina. (SAYS.COM)

Di sebelah timur Cina, ada replika kecil Paris, bernama Tianducheng. Kota ini dibangun dengan gaya yang sama dengan Champs-Élysées, Notre-Dame de Paris, dan bahkan ada tiruan Menara Eiffel setinggi 108 meter.

Kota ini dibangun pada 2007 dan dirancang untuk 100 ribu orang yang ingin pindah dari desa ke kota urban. Tetapi karena harga properti yang terlalu tinggi, membuat kota ini bahkan enggak memiliki lebih dari 25 ribu penduduk.

Tianducheng justru lebih sering menjadi destinasi wisata atau pemotretan. Khususnya bagi para pasangan yang ingin melakukan foto prewed bernuansa Paris.

3Thames Town, Cina

Thames Town, Cina. (PINTEREST)

Satu lagi kota hantu di Cina, yaitu Thames Town yang dirancang meniru kota London untuk 10 ribu penduduk saja. Kota Pseudo Eropa ini gagal dibangun karena terjadinya krisis ekonomi pada 2008. Sehingga enggak banyak penduduk Cina yang mampu menanggung biaya hidup di kota ini.

Meski begitu, ada banyak bangunan menarik. Seperti gereja gothik, rumah bergaya Victorian, dan patung-patung James Bond, serta HArry Potter yang mengisi kota ini.

4Ciruena, Spanyol

Ciruena, Spanyol. (LIFEPART2)

Pada awal 2000-an, Ciruena adalah sebuah desa kecil di utara Spanyol. Namun beberapa tahun kemudian, wilayah ini dirancang sebagai kota untuk 10 ribu orang  dalam waktu singkat.

Ratusan penginapan, gedung apartemen, restoran, pertokoan, bahkan taman golf dibangun di kota ini. Tetapi krisis ekonomi pada 2008 menghentikan pembangunan. Saat ini kota Ciruena cuma dihuni sekitar 100 penduduk. Disertai seluruh infrastruktur kota yang berjalan sebagaimana mestinya. 

5Kilamba, Angola

Kilamba, Angola. (PINTEREST)

Pembangunan Kilamba selesai pada tahun 2012. Ada 750 gedung apartemen bertingkat untuk menampung setengah juta orang, lebih dari 100 pertokoan, dan puluhan sekolah.

Namun, penduduk kota ini hanya sekitar 1.000 orang. Tapi sebagian besarnya  berada di bawah ambang kemiskinan, yang hanya mendapatkan upah Rp26 ribu per hari. Oleh karena itu, mereka enggak mampu membeli apartemen yang ada, bahkan dengan bantuan pinjaman sekali pun. 

6Masdar City, Arab Saudi

Masdar City, Arab Saudi. (GIPSY.NINJA)

Masdar City adalah kota eko yang dibangun 17 km dari Abu Dhabi, Ibu Kota Uni Emirat Arab. Kota ini menyediakan energi dari sumber terbarukan, meminimalkan emisi karbon dioksida ke atmosfer, dan sistem daur ulang limbah kota yang lengkap.

Transportasi modern yang disiapkan pemerintah Masdar City, Arab Saudi. (PINTEREST)

Kota ini dibangun untuk 50 ribu penduduk, namun saat ini jumlahnya hanya 300 orang yang kebanyakan mahasiswa dari Institut Sains dan Teknologi Masdar. Mobil dilarang melintas dan hanya ada satu toko di kota ini. Sehingga enggak banyak orang tertarik dengan prinsip kehidupan yang dirancang untuk kota ini.

 

BRIGHTSIDE| FORBES

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments