hero
(WIKIPEDIA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 November 2018, 09:50 WIB

TAIWAN

Dengan populasi lebih dari 1,3 miliar jiwa, disertai dengan sejarah filosofi dan kerajaan besar yang mengaggumkan, sebagian besar orang pasti akan setuju. Kalau Tiongkok adalah negara yang sangat menarik.

Pengaruh Negeri Tirai Bambu ini begitu luas sehingga bahkan banyak negara di seluruh dunia yang ikut merayakan Tahun Baru Cina. Namun, beberapa budaya maupun kebiasaan orang Tiongkok mungkin masih kurang dikenal, dan beberapa bahkan mungkin mengejutkanmu. Apa saja itu? 

1Menikah dengan hantu

Menikah dengan hantu . (MATRIAXLEAKS)

Di daerah pedesaan Tiongkok ada kebiasaan melakukan pernikahan antara arwah dan yang masih hidup. Biasanya, seorang laki-laki yang sakit parah bisa terlibat, atau sebuah keluarga yang berniat meneruskan garis keluarga.

 Seorang janda bisa mengambil bagian dalam upacara pernikahan di mana calon pengantin laki-lakinya diwakili oleh ayam putih. Dalam beberapa kasus, dia juga bisa mengadopsi pewaris masa depan.

2Kaki terikat simbol kecantikan

Kaki terikat simbol kecantikan. (BRIGHTSIDE)

Kaki terikat di Tiongkok terkenal pada akhir abad ke-13, tapi sekarang

budaya itu sudah usang. Sebab, untuk mendapatkan bentuk kaki seperti itu, seseorang harus membungkus kaki dengan kasa ketat untuk memaksa masuk ke sepatu ‘lotus’ kecil.

 Alhasil, praktik ini menyebabkan jari patah dan kaki mengalami cacat permanen. Sebagian besar orang setuju bahwa budaya pengikatan kaki di Tiongkok itu sangat brutal.

3Putih warna duka cita

Putih warna duka cita. (BRIGHTSIDE)

Kebiasaan ini mungkin mengejutkan mengingat warna yang sering diasosiasikan dengan kematian adalah hitam. Tapi faktanya, putih adalah warna yang diperuntukkan bagi kematian di Tiongkok. Ini termasuk pakaian pemakaman bagi para tamu, serta mayat dengan bunga, dan amplop uang.

4Menolak tawaran pertama

Menolak tawaran pertama. (DEVIANTART)

Baik itu saat kamu ditawarkan pujian atau teh, biasanya kamu harus menolaknya untuk pertama kali. Sebagai tanda hormat dan kerendahan hati. Jadi saat ditawarkan hadiah, penolakan saat pertama enggak akan dianggap sebagai sikap yang kurang bersemangat atau enggak menghargai. Tetapi justru menunjukkan etiket kamu kepada orang tersebut. 

5Anjing peliharaan adalah lambang status

Semakin banyak anjing yang diselamatkan oleh aktivis, banyak anjing pooches sekarang menikmati posisi berharga, sebagai simbol status di antara kelas menengah ke atas. Mastiff Tibet yang menggemaskan ini, bernama Big Splash, bahkan dibeli seharga hampir £ 1 juta atau sekitar Rp18.589.440.000.

6Air minum orang Tiongkok selalu hangat

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

The way I start every day. #morninglight #boilingkettle

A post shared by maria (@eastmeetswest.tea) on

Orang-orang Tiogkok telah meminum air panas selama bertahun-tahun sebagai cara untuk memulihkan kesehatan dan mengurangi penyakit. Karena itu, enggak jarang yang ditawarkan di tempat-tempat makan di sana adalah air panas, bukan air biasa atau air es.

7Dilarang berbagi buah pir

Dilarang berbagi buah pir. (PIXABAY)

Meski berbagi makanan dianggap sopan, tapi jangan sekali-kali membagi pir dengan orang lain di Tiongkok. Dalam bahasa Cina, ‘untuk berbagi buah pir’ terdengar sama persis dengan ‘untuk memisahkan’. Sebagai akibatnya, berbagi pir biasanya dilihat sebagai pertanda buruk dan pertanda bahwa persahabatan akan memburuk atau terputus.

 

BRIGHTSIDE| CNN| FACTS AND DETAILS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments