hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

14 November 2018, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sains dan teknologi berkembang sangat cepat. Hampir enggak mungkin melacak semua inovasi baru yang muncul dari waktu ke waktu.

Gadget yang bahkan enggak dapat kamu bayangkan saat ini, tanpa disadari mulai muncul memasuki kehidupan kamu secepat kilat. Mulai dari lensa bionik yang dapat mengubah realitas, payung udara tak terlihat, dan pena 3D yang 'menarik' objek nyata.

Gawai-gawai tersebut begitu menakjubkan dan membuat masa depan menjadi sangat menarik, seperti yang dilansir dari Brightside berikut ini yang tengah di desain oleh ahli sains dan teknologi.

1Lensa Bionik Intraokular

Lensa Bionik Intraokular. (BRIGHTSIDE)

Teknologi Lensa Bionik Intraokular yang dikembangkan oleh para ilmuwan diyakini dapat memulihkan penglihatan. Dengan menggunakan bahan-bahan canggih dan teknik produksi, para ahli sedang dalam proses mengembangkan lensayang sangat canggih ini.

Jika sudah mendapat persetujuan klinis, alat ini dapat digunakan oleh pasien yang ingin mengembalikan penglihatan dengan jelas pada semua jarak. Tanpa kacamata ataupun lensa kontak biasa yang harus disesuaikan terlebih dahulu besar kecil minusnya.

2Robot pasien penderita demensia

Paro Seal adalah robot terapeutik Jepang yang dirancang untuk membantu pasien yang menderita demensia. Paro terbukti memiliki efek Psikologis pada pasien, meningkatkan relaksasi dan motivasi. Serta dapat merangsang interaksi antara pasien dan robot.

Gadget ini memiliki lima jenis sensor, yakni taktil, cahaya, audisi, suhu, dan postur. Sehingga alat ini dapat melihat orang dan lingkungannya. 
Dengan sensor cahaya, Paro dapat mengenali cahaya dan gelap. Robot ini dapat merasakan sedang dibelai atau dipegang. Paro juga dapat mengenali arah suara dan kata-kata seperti namanya, salam, dan pujian dengan sensor audionya.

Mampu berinteraksi dengan manusia, Paro seolah bisa menjadi robot yang benar-benar hidup. Menggerakkan kepala dan kakinya, membuat suara, dan menunjukkan perilaku yang pasien sukai.

4Bantal pengantar tidur

Bantal Somnox adalah robot yang menghasilkan suara yang menenangkan, bersinkronisasi dengan nafasmu. Dan membuatnya lebih lambat saat kamu terlelap tidur.

5Payung tembus pandang

Payung tembus pandang. (BRIGHTSIDE)

Payung tembus pandang alias invisible ini menciptakan tirai udara yang dapat disesuaikan. Meski begitu, payung ini benar-benar dapat bekerja sesuai fungsinya, yakni melindungimu dari hujan.

7Pen 3D

Dengan pen 3D ini kamu bisa menciptakan barang secara nyata dari apapun yang gambar! Wow!

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments