hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

9 November 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Tubuh bahkan punya alarm sendiri yang bisa menjadi petunjuk kalau ia sedang memiliki masalah. Sayangnya, kadang kamu enggak sadar kalau tubuh memberi tanda masalah. Nah, apa sajakah tanda-tanda yang muncul jika tubuh mulai mengalami masalah? Check these out!

 

1. Bibir Kering atau Pecah-pecah

Apakah bibir kamu kering seperti ini? (BRIGHTSIDE)

Jika hal ini terjadi, kamu harus memperhatikan penggunaan kosmetik dan produk kebersihan mulut yang digunakan. Termasuk makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi, karena ini merupakan tanda alergi. Jika mulut dan mata terasa kering serita diikuti masalah pencernaan, segera berobat ke dokter! Karena itu termasuk gejala penyakit autoimun.

2. Alis Menipis

Alis kamu tiba-tiba rontok? (BRIGHTSIDE)

Alis yang menipis akibat kerontokan secara berkala, sebenarnya normal banget. Tapi jika disertai bintik-bintik botak atau sampai alis benar-benar menghilang, segera hubungi dokter. Gejala ini bisa jadi merupakan pertanda adanya aktivitas tiroid yang berlebihan.

3. Kuku Rusak dan Berubah Warna

Coba cek kuku kamu, deh. (BRIGHTSIDE)

Kuku yang tipis, mudak robek dan pucat bisa jadi penanda kurangnya zat besi dalam tubuh. Kuku yang menguning juga menjadi indikasi gangguan fungsi hati dan saluran lambung, atau adanya infeksi jamur. Bintik-bintik putih dan garis-garis pada kuku menunjukkan kurangnya seng, tembaga dan yodium. Sedangkan kuku rapuh adalah tanda kekurangan vitamin, kalsium, zat besi dan beta karoten dalam tubuh.

4. Tumit Kering

Cek juga kondisi tumit kamu. (BRIGHTSIDE)

Kulit di kaki kering karena kekurangan vitamin A dan E. Bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur yang mempengaruhi kondisi epidermis secara keseluruhan, biasanya bersamaan dengan adanya retakan dan menguningnya lempengan kuku. Jika kering dan kasarnya kulit enggak menghilang dengan perawatan dan asupan vitamin, kemungkinan merupakan tanda gangguan endokrin.

5. Noda Putih pada Gigi

Noda putih pada gigi. (BRIGHTSIDE)

Fluorosis gigi adalah penyakit kronis yang berkembang sebelum tumbuh gigi atau setelahnya, yaitu ketika mengkonsumsi air atau produk yang mengandung senyawa fluorin tinggi. Ada 5 jenis klasifikasi fluorosis: dipertanyakan, sangat ringan, ringan, sedang, dan berat.  Tiga variasi pertama terlihat secara visual melalui penampakan noda, sedangkan dua  yang terakhir menyebabkan jaringan gigi yang membusuk dan gigi hancur.

6. Rambut Rontok

Rambut kamu rontok berlebihan? (BRIGHTSIDE)

Rata-rata ada 100 helai rambut yang rontok setiap hari. Jika rambut kamu sering rontok lebih dari jumlah tersebut, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. Karena banyak penyakit yang bersembunyi di balik gejala ini, seperti infeksi kulit, gangguan tiroid, gangguan autoimun dan lain-lain.

BRIGHTSIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments