hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

8 Oktober 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Perawatan kulit, terutama kulit wajah merupakan salah satu topik yang enggak ada habisnya! Tapi untuk mendapat kulit wajah yang halus mulus butuh perjuangan. Apalagi, ternyata banyak hal-hal kecil yang umum dan lazim dilakukan, justru memperburuk kondisi kulit wajah. Nah, apa saja kesalahan umum yang sering dilakukan dalam perawatan wajah? Check these out!

 

1. Sering Gonta-ganti Kosmetik

BRIGHTSIDE.

Memang sulit untuk menahan godaan mencoba produk kecantikan baru. Ditambah dengan review produk yang meyakinkan, yang berganti setiap musim. Tapi sebaiknya bertahanlah dengan produk yang sama untuk beberapa lama. Apalagi kalau memang produk itu cocok untuk kulit kita.

2. Menggunakan Pembersih Wajah yang Mengandung Scrub Setiap Hari

BRIGHTSIDE.

Scrub dipercaya bisa membantu regenerasi kulit wajah lebih cepat. Namun jika dipakai setiap hari, hasilnya justru enggak baik. Sebaiknya menggunakan produk peeling yang tidak menimbulkan rasa sakit. Kulit mati tetap terangkat dengan baik, kulit wajah pun jadi halus.

3. Malas Menggunakan Make-Up Remover

BRIGHTSIDE.

Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu, sering kali kita  membersihkan make-up dan debu dengan sabun pembersih atau air saja. Dengan cara itu, sisa kosmetik akan menumpuk di pori-pori, menjadi jerawat dan meningkatkan kadar minyak pada kulit. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan wajah dengan pembersih make-up, minyak pembersih atau susu pembersih terlebih dahulu.

4. Menggunakan Sarung Bantal yang Sama Selama 2 Minggu

BRIGHTSIDE.

Meski kamu membersihkan rambut dan wajah setiap hari sebelum tidur, sarung bantal tetaplah sarang debu, partikel epitelum dan bulu binatang. Setelah 2-3 hari, bantal berada dalam kondisi sempurna untuk merusak kulit wajah. Jika kamu tidak mau kulit wajahmu rusak, gantilah sarung bantal 2 hari sekali. Dan cobalah gunakan bahan silk. Bahan ini bukan hanya melindungi wajah dari ruam, tapi juga dari keriput dini.

5. Tidak Menggunakan Toner

BRIGHTSIDE.

Toner adalah produk yang dapat mengembalikan keseimbangan PH kulit, agar kulit siap menerima prosedur perawatan lain. Bahkan krim pelembab pun bekerja lebih efektif dengan toner. Dengan menambahkan toner sebagai produk perawatan kulit, berarti telah menghindari masalah-masalah kulit seperti kekeringan, iritasi dan ruam.

6. Menggunakan Bedak untuk Menghilangkan Minyak

BRIGHTSIDE.

Banyak yang menggunakan bedak utuk menghilangkan minyak. Sayangnya bedak tidak akan bertahan lama, tapi malah menumpuk di pori-pori. Daripada menggunakan bedak untuk menyamarkan minyak, coba gunakan kertas minyak. Memang tidak akan terlalu lama efeknya, tapi setidaknya bisa menghilangkan minyak dari wajah.

7. Membersihkan Wajah Sebelum Mandi

BRIGHTSIDE.

Tentu saja boleh membersihkan wajah setiap kali kamu mau. Tapi sebaiknya bersihkan wajah dengan pembersih lagi setelah mandi. Produk kosmetik rambut sering mengandung silicone, paraben dan bahan kimia lain yang dapat membuat rambut menjadi halus dan lembut. Namun ternyata bahan ini justru berbahaya jika menempel pada kulit wajah. Bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, bahkan jerawat.

8. Tidak Menggunakan Kosmetik Perawatan Kulit sebelum tidur

BRIGHTSIDE.

Setelah memakai make-up sepanjang hari, biasanya kita tidak ingin menggunakan apapun pada wajah. Akan tetapi kulit akan kembali normal dengan dengan lebih baik jika kamu menggunakan krim malam, serum, atau masker. Bahan aktif pada produk ini menetralisir efek negatif dari make-up dan membuat wajah jadi segar

9. Tidak Menggunakan Produk yang Mengandung SPF Ketika Mendung

BRIGHTSIDE.

Semua orang menyadari pentingnya perlindungan dari sinar ultra-violet. Meskipun hampir semua orang menggunakan produk kosmetik dengan SPF pada hari panas, tapi banyak yang lupa perlindungan ini saat hari berawan. Padahal radiasi sinar ultra violet pasti ada di mana saja. Oleh karena itu gunakan perlindungan untuk kulit sepanjang waktu. Tidak perlu menggunakan produk sunscreen saat hari berawan. Cukup gunakan krim pelembab dengan SPF 30, maka kulit akan terjaga kesehatannya.

BRIGHTSIDE | HEALTH

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments