hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

24 September 2018, 18:30 WIB

INDONESIA

Hobi jalan-jalan tapi budget terbatas? Tenang, ada banyak cara untuk menekan budget jalan-jalan kamu. Berburu tiket murah saat pameran, adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan para pecinta traveling. Nah, untuk berburu tiket murah meriah, ada tipsnya.

 

1. Gabung di milis maskapai

Bagusnya sih kamu gabung dan berlangganan di milis sejumlah maskapai penerbangan.  Biasanya akan banyak ‘best deal’ atau promo yang duluan diberikan ke pelanggan setia. Kalau sudah bergabung di milis, kita juga bisa jadi yang lebih tahu kapan diselenggarakannya pameran. Maskapai juga umumnya akan menggandeng perbankan untuk memberikan sejumlah promo menarik. Dari diskon hingga ‘cash back’. Lumayan, kan?

2. Berpenampilan nyaman

Ilustrasi liburan. (PIXABAY)

Pasti banyak banget yang punya niat sama dengan kita untuk berburu tiket murah. Malah ada yang niat datengin lokasi sebelum acaranya dibuka. Karena itu, pakailah baju yang nyaman, jangan pakai high heels, siapin koran buat duduk, power bank biar enggak mati gaya atau buku untuk dibaca saat mengantre. Oiya bawa makanan ringan dan minuman juga gak ada salahnya kok, biar enggak kelaparan.

3. Datang sebelum jam buka pameran

Suasana pameran travel. (NET/Aulia Kurnia)

Nah kalau sudah ada di pameran, biasanya tiket dengan harga murah itu adanya pas jam khusus ‘happy hour’. Sebaiknya kamu sudah tiba di lokasi pameran sebelum jam tersebut, dan segala dokumen seperti foto paspor diri, kartu kredit atau debit serta dokumen pendukung lainnya sudah disiapkan. Kalau pengen bertamasya bersama teman atau keluarga, jangan lupa ingatkan data-data juga sudah disiapkan ya. Jangan sampai niatnya pergi bareng-bareng eh jadi enggak bisa gara-gara persyaratannya enggak lengkap.

4. Siapkan beberapa pilihan tanggal

Siapkan alternatif tanggal jalan-jalan kamu. (NET/Aulia Kurnia)

Siapin juga sejumlah pilihan tanggal keberangkatan dan rencana. Kalau misalnya pilihan A belum sesuai, masih ada pilihan lainnya. Karena kalau sudah di depan perwakilan tour travel atau maskapai, kadang-kadang kalau enggak sesuai tanggal, yang ada kita malah bingung sendiri dan kelamaan untuk nebak-nebak. Lebih baik sudah sediakan beberapa rencana dan tanggal keberangkatan. Mungkin kalau pergi sendirian, lebih mudah. Nah kalau kamu pergi bareng teman atau keluarga juga sudah harus didiskusikan dulu ya.

5. Hindari ini deh!

Ilustrasi Liburan. (PIXABAY)

Bukan rahasia lagi kalau harga tiket murah biasanya memang bukan di waktu-waktu strategis, misalnya musim liburan, musim banyak festival dan lain-lain. Kalau bisa agak dihindari. Sejumlah maskapai juga memberlakukan ‘blackout’ date. Blackout adalah kebijakan di mana segala bentuk promosi untuk menggoyang harga tiket tak berlaku. Pada periode itu, diberlakukan tarif normal. sistem blackout biasanya diberlakukan pada peak seasonPeak season adalah musim di mana kebanyakan orang membeli tiket dengan tujuan liburan.

Biasanya terjadi menjelang liburan, jelang Ramadan, dan berlangsung hingga beberapa hari setelahnya. Peak season lainnya terjadi pada pergantian tahun ajaran baru anak sekolah, Natal, dan tahun baru. Jadi, kamu bisa pilih saat sebaliknya, yakni Low season  yang terjadi pada Januari, Februari, Maret, dan April. 

Okeh? Selamat berburu tiket murah ya, guys!

AULIA KURNIA HAKIM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments