hero
(ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

14 Juli 2018, 12:00 WIB

INDONESIA

Nama Lalu Muhammad Zohri kini sedang dielu-elukan hampir seantero dunia. Pemuda berusia 18 tahun asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu menorehkan catatan sebagai pelari tercepat junior di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Finlandia.

Ucapan terima kasih kepada segenap pendukungnya terus keluar dari mulut Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Mataram itu. Sebelum dikalungkan medali emas pada Kamis, 12 Juli 2018, dia mengatakan, "Terima kasih atas doa seluruh rakyat Indonesia."

BACA JUGA:
Sederet Fakta Pelari Lalu Muhammad Zohri yang Mendunia
Cerita Zohri yang Ogah Rumah Gubuknya Direnovasi
Ini Bonus dari Jokowi untuk Lalu Muhammad Zohri

Sebelum menyabet gelar dunia sebagai atlet lari tercepat di tingkat junior nomor 100 meter, Zohri ternyata telah menyabet berbagai medali emas di kejuaraan nasional dan Asia. Berikut catatan prestasi anak bungsu dari empat bersaudara itu.

1Kejuaraan Pelajar

Medali yang sebelumnya pernah diraih Zohri di kejuaraan tingkat nasional. (NET)

Pada tahun 2017,  Lalu Muhammad Zohri  ikut Kejuaraan Antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar. Pada saat itu, dia ikut kontes di trek 100 meter.

Di kontes itu, Zohri membuktikan kakinya bisa berlari secepat kilat. Dia bahkan memecahkan rekor waktu 10,25 detik.Pada saat itu, dia mengungguli rekor Sudirman Hadi yang hanya berlari 10,45 detik.

2 Kejuaraan Nasional

Baiq Fazilah (29), kakak kandung Lalu Muhammad Zohri menunjukkan sejumlah medali yang pernah diraih adiknya. (ANTARA/Ahmad Subaidi)

Zohri juga mengikuti Kejuaraan Nasional Atletik U-18 dan U-20 pada tahun 2017. Perhelatan itu digelar di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur.

Di sana, Zohri tampil di nomor 200 meter. Dia meraih medali emas dengan catatan waktu 21.96 detik. Sedianya Zohri akan mengikuti kontes di Singapura. Sayangnya, pada saat itu dia mengalami cedera.

3Kejuaraan Asia

Lalu Muhammad Zohri. (IAAF)  

Tujuh medali emas berhasil diraih Zohri di kejuaraan pelajar dan nasional. Dia kemudian ditempa di pelatnas untuk mengikuti kontes olahraga atletik junior tingkat Asia yang digelar di Gifu, Jepang, pada Juni 2018.

Hasil tempaan pelatnas membawa hasil. Di trek 100 meter, Zohri meraih medali emas. Dia mencatatkan waktu 10,27 detik mengungguli pesaingnya.

4Kejuaraan Dunia

Lalu Muhammad Zohri bersama dua pesaingnya di kejuaraan dunia atletik U-20 di Finlandia. (IAAF)


Tak puas di tingkat Asia, Zohri kemudian mengikuti Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia pada Juli 2018. Di Ratina Stadium, Tampere, Finlandia, lagi-lagi Zohri menunjukkan kecepatan langkah kakinya.

Dia sukses meraih medali emas di trek 100 meter dengan mencatat waktu 10,18 detik. Zohri sebelumnya tidak terlalu diunggulkan di. Musababnya, dia berlari dari lane 8 atau trek paling pinggir yang membuat pelari susah bersaing.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments