hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

14 Juni 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Negara-negara di Asia Tenggara kaya kreasi kulinernya. Mulai dari makanan berat hingga makanan pencuci mulut alias dessert. Nah, buat kamu pecinta makanan pencuci mulut, ada beberapa referensi makanan menyegarkan dari negara-negara di Asia Tenggara yang wajib kamu cobain!

1. Es Teler

Es teler adalah koktail buah dari Indonesia yang terbuat dari campuran alpukat, nangka, daging kelapa, santan, sirup pandan, es yang sudah dihancurkan, dan susu kental manis. Es teler disebut sebagai "minuman nasional" Indonesia sejak 1982, ketika Murniati Widjaja memenangkan hadiah pertama dalam "Kompetisi Pembuatan Es"

Es teler, paling pas dinikmati saat cuaca panas.

Restoran Es Teler 77 yang berlokasi di Jakarta merupakan tempat pertama yang menjual es teler. Restoran ini menggunakan sirup khusus sehingga membuat es telernya jadi spesial. Sekarang, Es Teler 77 dikelola oleh menantu dari Muniarti Widjaja.

2. Sago't Gulaman

Sago't gulaman cocok banget diminum kalau cuaca lagi panas. Minuman yang berasal dari Filipina ini berisi campuran sederhana dari gula merah, air dingin, sagu, dan cincau (gulaman). Ada juga varian lain dengan menambahkan ekstrak vanili atau perisa pandan.

Sago't gulaman, dessert khas dari Filipina.

Banyak restoran Filipina di Manila misalnya Sarsa yang menyediakan sago't gulaman. Tapi memang enggak ada yang bisa ngalahin segarnya beli sago't gulaman di pinggir jalan saat cuaca sedang panas terik.

3. Chè Bắp

"Chè" merupakan kata dari bahasa Vietnam yang berarti puding, minuman manis, dan sup santan. Chè bắp adalah puding dengan rasa manis yang berasal jagung. Puding ini bisa disajikan dalam keadaan panas ataupun dingin. Terbuat dari jagung lokal manis, beras ketan, santan, dan taburan wijen, Chè bắp jadi sajian yang pas kalau mau lagi mau makan yang segar-segar.

Dessert khas Vietnam yang bikin kangen.

Sementara itu, Che Mam Khanh Vy adalah sebuah kedai kecil di Saigon yang menyajikan berbagai macam Chè bắp. Di restoran ini,  pelanggan menyantap makanan di pinggir jalan dengan meja plastik rendah.

4. Leng Chee Kang

Leng Chee Kang adalah dessert dari Malaysia-Cina yang dibuat khusus untuk musim panas. Campuran dari bahan pembuat makanan ini dapat membantu mendinginkan tubuh. Kaldu dingin dibuat dengan cara merebus lo han kuo, kacang panjang kering, biji teratai, dan gula batu. Toppingnya bisa kamu pilih sendiri seperti barley, biji basil, irisan kesemek kering, kacang gingko dan malva, strip agar-agar, longans, dan tapioka mutiara.

Racikan Lee Chee Kang bisa kamu coba di Malaysia.

Leng Chee Kang bisa ditemukan di beberapa food court di Malaysia, tetapi di Kuala Lumpur Soon Kee Lin Chee Kang Sejuk dan Panas merupakan tempat yang menjual Lee Chee Kang.

5. Itim Kati

Es krim kelapa Thailand adalah es krim kelapa terbaik yang harus kamu coba. Es ini terbuat dari krim kelapa muda dan disajikan dalam tempurung kelapa. Kamu pun bisa tambahkan topping sesuai selera misalnya kacang, ketan, susu kental manis, kacang merah dan jagung. Selain itim kati, Thailand juga punya sajian berupa es krim kelapa yang diletakkan di dalam irisan roti. Camilan ini disebut itim khanom pang.

Ini dia dessert asli Thailand yang bikin ngiler.

Saat akhir pekan tiba, Chatuchak di Bangkok menghadirkan sejumlah kedai es krim yang bisa bikin kamu ngiler terus.

6. Pudim de Coco

Timor Timur pernah menjadi jajahan Portugal. Oleh karena itu,  banyak banget masakan Timor Timur dipengaruhi oleh negara. Pudim de coco adalah camilan berbasis puding yang populer di kalangan Portugis termasuk Brasil. Makanan ini cara bikinnya sama seperti membut flan, tetapi ditambah susu.

Pudim de Coco, dessert asal Timor Timur.

Ibu kota Timor Timur, Dili, adalah kota terbesar dan memiliki banyak restoran yang menyajikan Pudim de Coco.

7.Kyauk Kaw

Kyauk Kaw adalah jelly rumput laut yang terbuat dari agar-agar. Makanan asal
Burma, Myanmar ini bahannya sederhana dan teksturnya lembut. Kyauk Kaw mengandung santan, perisa mawar, dan gula.

Berbahan dasar rumpul laut, inilah dessert khas Myanmar.

Di daerah Yangon tepatnya pasar Bogyoke Aung San, kamu bisa menemukan kedai makanan ringan dan pencuci mulut yang menjual Kyauk Kaw.

8.Khao Lod Chong

Lod chong adalah makanan penutup yang disajikan di Laos, Thailand, dan Singapura. Makanan ini terbuat dari tepung beras, tepung kacang hijau, air batu kapur, dan air pandan. Sementara itu, kata "Lod" berarti "melalui," dan "chong" berarti "lubang" karena "tetesan" tepung beras dibuat dengan meletakkan adonan di lubang yang panjang. 

Sekilas tampilan dessert Thailand ini mirip es cendol ya?

Khao Lod Chong disajikan bersama es yang dihancurkan, krim kelapa, gula aren, dan esens melati Thailand. Makanan penutup ini dijual oleh para pedagang kaki lima di Pasar Pagi Luang Prabang.

9.Singaporean Ice Cream Sandwich

Es krim sandwich ini menggunakan roti tawar berwarna pelangi dengan es krim yang ditaruh di tengah lipatan roti. Kamu bisa pilih sendiri rasa es krimnya, ada cokelat, stroberi, vanila bahkan jagung manis dan durian.

Es krim sandwich ini terkenal sampai Indonesia juga, loh.

Banyak pedagang kaki lima dengan gerobak kayuh menjual es krim sandwich ini termasuk di sekitar Orchard Road.

10. Rujak Brunei

Rujak Brunei mudah ditemukan di Indonesia.

Rujak Brunei adalah salad buah berbumbu. Di dalamnya ada buah pepaya, mangga, apel, leci, dan jeruk bali. Saus pedas yang dituangkan di atas buah-buahan ini terbuat dari kacang panggang, cabe merah, gula merah, pasta asam, air, dan pisang hijau. Rujak Brunei dijual di pasar atau pinggir jalan di Indonesia, Malaysia, dan Brunei.

11. Num Chet Chien

Num chet chien adalah pisang goreng wijen asal Kamboja yang terbuat dari pisang yang belum masak, gula aren, tepung beras, dan putih telur. Biasanya, Num Chet Chien disajikan bersama saus markisa.

Pisang goreng hangat dari Kamboja.

Pedagang kaki lima di Siem Reap menjual pisang goreng wijen bersama dengan kentang goreng, dan makanan goreng lainnya.

BUZZFEED

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments