hero
(YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Juni 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Beberapa dari kamu pasti pernah dengar, tau, atau bakan mencoba menu makanan Shashlik. Makanan dengan nama unik ini merupakan sate yang populer di negara-negara Timur Tengah.

Biasanya, sate Shashlik ini terbuat dari daging domba maupun sapi. Terkadang, diselipkan juga potongan sayuran maupun lemak yang bisa membuat cita rasa lebih mantap.

Nah, kalau kamu tertarik membuat menu ini di rumah karena terbilang mudah, jangan lupa perhatikan dulu apa saja hal yang enggak boleh dilakukan saat memasak.  Seperti yang dilansir Brightside berikut ini.

1Jarak antar potongan daging terlalu rapat

Jarak antar potongan daging terlalu rapat. (BRIGHTSIDE)

Enggak sedikit orang menyusun daging untuk Shashlik dengan rapat, sehingga bentuknya berakhir mirip dengan kebab. Yang benar, pastikan antara potongan daging ada sedikit jarak untuk memastikan seluruh bagian daging dalam tusukan benar-benar matang sempurna.

2Memotong kecil dengan ukuran berbeda-beda

Memotong kecil dengan ukuran berbeda-beda. (BRIGHTSIDE)

Sudah jelas, potongan daging dengan ukuran berbeda membutuhkan waktu memasak yang berbeda pula. Daging yang digunakan untuk shashlik harus dipotong menjadi sekitar 1 hingga 1 ½ inci kubik. Jika ukurannya lebih kecil, daging akan termasak terlalu kering dan jika kebesaran, daging enggak akan matang dengan benar.

3Menambahkan sayuran

Menambahkan sayuran. (BRIGHTSIDE)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, enggak jarang orang memasak shashlik dengan menggabungkan beberapa potongan sayur dalam tusukan. Rupanya cara ini enggak begitu tepat. Sebab bahan sayuran jelas matang lebih cepat daripada daging. Jika ingin didampingi sayur, panggang dengan tusuk sate terpisah.

4Menggunakan cairan pembakar

Menggunakan cairan pembakar. (BRIGHTSIDE)

Buat yang ingin instan, menyalakan api panggangan bisa dengan mudah dilakukan menggunakan cairan pembakar seperti mintak tanah. Tapi, sejatinya untuk membuat shashlik yang lezat dibutuhkan upaya membuat api bakaran yang stabil dan enggak begitu intens sehingga arang menyimpan panas selama mungkin. Selain itu, penggunaan cairan pembakar juga akan ikut mengubah rasa sate.

5Menggunakan kayu busuk

Menggunakan kayu busuk. (BRIGHTSIDE)

Untuk membuat api bakaran, enggak jarang orang menggunakan kayu busuk. Padahal,  kualitas kayu enggak hanya memengaruhi durasi pembakaran, tetapi juga rasa dari shashlik racikanmu. Kalau kamu ingin bara membakar secara merata, gunakan daun kering yang lebar atau nyalakan api dengan keping kayu atau kertas.

6Menyiram air ke arang

Menyiram air ke arang. (BRIGHTSIDE)

Saat api jadi terlalu besar, enggak jarang orang memilih memercikan air. Padahal, ketika menuangkan air pada bara, panas akan menurun dan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya kembali.

Kedua, jika air dingin menyentuh daging, kematangan shashlik jadi enggak merata. Hindari juga menuangkan bumbu dingin pada daging.

7Memanggang di api terbuka

Memanggang di api terbuka. (BRIGHTSIDE)

Kamu mungkin ingat pengalaman berkemah ketika memasak sosis di atas api terbuka dan berujung hangus. Masalahnya, sosis sebenarnya adalah makanan siap saji yang enggak perlu dimasak, tetapi hanya perlu dipanaskan. Dalam kasus shashlik, jika kamu mencoba memasaknya di atas api terbuka, daging hanya akan berubah menjadi hitam di luar, tetapi masih mentah di dalam.

8Memanggang saat arang belum panas

Memanggang saat arang belum panas. (BRIGHTSIDE)

Ingat teori ini dengan baik: Bara yang dipanaskan dengan sempurna bakal tertutup lapisan abu dengan inti merah panas dapat dilihat. Arang juga memancarkan dering logam ringan. Jadi, ketika bara berubah menjadi abu-abu dan berdering, saatnya untuk memasak!

9Menusuk daging untuk mengecek tingkat kematangan

Menusuk daging untuk mengecek tingkat kematangan. (BRIGHTSIDE)

Cara yang satu ini pasti sering dilakukan sehari-hari, yaitu menusuk daging untuk memeriksa kematangannya. Ingat, cara ini memang boleh saja dilakukan namun berpotensi mengurangi tingkat juicy daging shashlik itu sendiri. Jangan menggores atau menusuk setiap potongan daging pada satemu kalau enggak mau mengalami rugi rasa.

 

BRIGHTSIDE| BARBECUEBIBLE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments