hero
(TERRAMAR PROJECT)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 Mei 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Menikmati liburan di negara yang eksotis dengan pemandangan alam, gunung, laut serta kebudayaan yang unik memang bakal menyenangkan. Meski begitu, enggak mau dong liburanmu itu berubah menjadi mimpi buruk? Karena masalah-masalah enggak terduga sebelumnya.

Nah, dilansir dari Brightside, inilah 12 hal yang harus kamu hindari selama berwisata ke negara-negara eksotis impianmu. Seperti di Afrika, Asia, Australia, dan lain sebagainya.

 

1Ubur-ubur, kerang, dan spesies laut

Patuhilah larangan yang ada dan hindari menyentuh langsung hewan yang kelihatan unik dan menarik. (BRIGHTSIDE)

Negara eksotis dengan pantai yang indah dan cuaca tropis yang hangat tentu saja menjadi habitat bagi berbagai spesies laut. Untuk menghindari gigitan hewan-hewan pantai tersebut, gunakanlah alas kaki saat berjalan-jalan.

Selain itu, hindari mendekat atau memegang langsung hewan yang kelihatannya unik dan lucu, serta patuhilah tanda larangan berenang jika ada.  Baik ubur-ubur, kerang , dan spesies laut berbahaya ini biasanya berada di Afrika, Asia, dan Australia.

2Arus pecah

Rip Currents atau arus pecah. (BRIGHTSIDE)

Arus pecah bisa membawa kamu dari pinggir pantai terhempas ke laut terbuka dalam hitungan detik saja. Jika kamu terjebak dalam arus pecah ini, jangan coba-coba berenang kembali ke arah pantai dan melawannya karena kekuatannya jauh lebih besar.

Jangan panik dan cobalah berenang menyeberangi arus, sejajar dengan garis pantai. Lalu, setelah arus melemah, kamu bisa keluar dari area tersebut. Arus ini bisa terjadi di semua laut.

3Nyamuk

Lakukan vaksin malaria dan demam kuning saat akan bepergian ke daerah endemik nyamuk berbahaya. (BRIGHTSIDE)

Nyamuk adalah salah satu serangga paling berbahaya di dunia karena dapat menularkan penyakit mematikan seperti virus Zika. Sebelum berlibur ke negara tropis, ingatlah untuk vaksin malaria dan demam kuning, serta bawalah lotion anti serangga. Terlebih, kalau kamu mau bepergian ke Afrika atau Amerika Selatan.

4Predator laut

Memiliki luka terbuka, jangan coba-coba berenang di laut! (BRIGHTSIDE)

Serangan ikan hiu di laut tidak jarang terjadi. Untuk mencegahnya, janganlah berenang di laut saat kamu punya luka terbuka karena bau darah akan menarik perhatian hiu.

Ikan hiu memang buta warna, tetapi hiu dapat melihat perbedaan warna yang kontras. Sebab itu, hindari memakai baju renang dengan warna yang terlalu terang atau mencolok di laut. Apalagi kalau kamu akan berencana menyelam ke Samudera Hindia, Pasifik, dan Atlantik.

5Air

Sebagian besar air kran di negara-negara yang ada di Benua Asia dan Afrika tidak dapat langsung diminum. (BRIGHTSIDE)

Di Benua Asia dan Afrika, air kran bukanlah pilihan yang tepat untuk diminum. Meski begitu, biasanya kamu lupa kalau es batu yang disajikan di bar-bar juga terbuat dari air kran. Lebih aman jika kamu minum dari air kemasan yang dijual, begitu pun untuk mencuci dan memasak makanan.

6Tanaman

Foxglove, tanaman cantik yang berbahaya. (PINTEREST)

Tanaman yang terlihat eksotis bisa jadi beracun dan berbahaya untuk kesehatanmu. Karenanya, hindarilah menyentuh tanaman yang tidak kamu kenali sembarangan. Seperti Foxglovebunga berbentuk lonceng dengan warnanya yang indah seringkali menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Namun, seluruh bagian tumbuhan ini mengandung glikosida yang menyebabkan keracunan. Mulai dari mual, muntah diare, halusinasi, hingga kejang-kejang, bahkan menyebabkan gangguan irama jantung yang mematikan.

7Terbakar matahari

Gunakan sunblock saat berlibur ke negara-negara tropis agar kulit tidak terbakar. (BRIGHTSIDE)

Matahari di negara-negara tropis yang ada di Benua Asia dan Afrika bisa jadi sangat terik. Dan bisa menyebabkan kulit tubuh terbakar atau mengalami sunburnJangan lupa gunakan sunblock sebelum beraktivitas di luar. Atau kamu bisa juga menggunakan baju berlengan panjang untuk melindungi kulit.

8Monyet

Meski lucu tapi monyet-monyet yang banyak berada di Asia jahilnya luar biasa. (BRIGHTSIDE)

Yup, hewan ini memang terlihat lucu, tetapi jahilnya luar biasa. Saat berkunjung ke wilayah yang dihuni banyak monyet seperti di Benua Asia, pastikan kamu sudah melepas semua aksesori dan perhiasanmu. Simpan juga kamera atau gadget-mu sebelum monyet-monyet itu mencuri dan merusaknya begitu saja.

9Maling

Berhati-hatilah terhadap aksi kriminalitas, terlebih saat kamu berada di lokasi seperti pantai atau pasar! (BRIGHTSIDE)

Pencurian adalah salah satu isu mendunia di negara-negara wisata. Di negara seperti India dan Thailand, barang berharga bisa dengan mudah hilang meski disimpan di tempat teraman sekali pun.

Simpanlah barang berhargamu di beberapa tempat terpisah dan jangan bawa uang tunai dalam jumlah besar. Ekstra hati-hati saat kamu berada di lokasi seperti pantai atau pasar.

 

 

BRIGHTSIDE| YLE NEWS| STUFF

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments