hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

18 Mei 2018, 10:15 WIB

INDONESIA

Pernah enggak sih kamu merasakan momen di mana ingin memotret sesuatu di smartphone tapi tidak bisa atau ingin mengunduh lagu kesayangan tapi selalu gagal karena memori smartphone yang sudah penuh? Pastinya bikin bete kan?

Tenang saja, kamu enggak perlu kok 'lem biru' alias lempar beli baru smartphone kamu gara-gara memorinya yang penuh. Cukup ikuti beberapa tips di bawah ini dan segala kegiatan dengan smartphone kamu dapat kembali lancar.

1. Pindahkan foto dan video ke penyimpanan awan.

Foto dan video memiliki ukuran yang terbilang besar dan biasanya menjadi file yang paling banyak memakan memori. Untuk mengakalinya, sekarang banyak tersedia layanan penyimpanan awan mulai dari yang gratis sampai berbayar. 

Salah satunya adalah Google Photos. Platform ini bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi smartphone. Untuk memakai layanan ini tidak akan dikenakan biaya, kecuali kamu ingin menyimpan seluruh file dengan resolusi tinggi tanpa di-resize

(POPSCI)

Selain Google Photos, ada juga iCloud untuk para pengguna Apple, OneDrive, Amazon Photos, dan Dropbox. Masing-masing layanan memiliki keunggulannya tersendiri. 

2. Kurangi aplikasi dan games.

Selain foto dan video, ada juga yang selalu memakan memori smartphone kamu, yaitu aplikasi dan games. Coba hapus beberapa aplikasi dan games yang memang jarang dipakai. Dijamin memori akan kembali lega. 

(POPSCI)

 

3. Aplikasi musik dan film.

Zaman sekarang memang semua serba praktis. Mulai dari mendengarkan musik secara streaming, sampai menonton film favorit hanya di genggaman kamu. 

Musik dan film yang diunduh melalui aplikasi ini lah yang kerap memakan memori juga. Coba hapus beberapa lagu yang sudah tak didengar atau film lama yang sudah tidak sering ditonton. 

(POPSCI)

 

4. Beli memori tambahan.

Untuk kamu yang memakai device Android, membeli memori tambahan bisa menjadi cara yang ampuh untuk menyimpan file dalam jumlah yang banyak. 

Terdapat banyak tipe memori yang dijual di pasaran, mulai dari 16GB, 32GB sampai 256GB tergantung kekuatan smartphone masing-masing. Sebaliknya untuk pengguna iDevice, harus dipikir matang-matang dalam memilih memori handphone yang ingin dibeli, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. 

(POPSCI)

 

5. Reset device.

Pilihan terakhir saat semua cara sudah kamu lakukan dan memori masih penuh juga, adalah me-reset device

Pertama, pindahkan dulu semua file-file kamu ke hard disk atau penyimpanan awan. Kemudian reset device, sampai isinya seperti device baru alias kosong. 

(POPSCI)

POPSCI | MASHABLE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments