hero
(DOCTORPORTAL)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Mei 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bisa kamu bayangkan, berapa banyak waktu yang dihabiskan dalam hidup ini dalam posisi duduk? Di tempat kerja, kampus, kendaraan, atau saat makan maupun nongkrong bersama teman-teman.

Enggak jarang orang yang mengalami sakit punggung akibat terlalu banyak duduk setiap harinya,berapapun usianya. Nah, supaya terhindar dari sakit punggung, yuk coba beberapa gerakan yang efektif, mencegah maupun mengurangi gejala sakit punggung, seperti dilansir Brightside. Tapi ingat kalau sakit masih berlanjut sebaiknya periksakanlah ke dokter. 

1Child's pose

Child's pose. (BRIGHTSIDE)

Ambil posisi berlutut, lalu membungkuk sambil merentangkan kedua tangan ke depan. Pastikan bokong menyentuh kedua tumit kaki, lalu letakkan kepala di lantai sambil menggerakkan tangan ke depan sampai lengan benar-benar lurus. Tahan posisi ini selama 30 detik.

2Figure-four pose

Figure-four pose. (BRIGHTSIDE)

Berbaringlah di lantai dan tekuk lutut, pastikan jarak antara kaki sama dengan lebar pinggulmu. Tekuk kaki kiri, angkat kaki kanan, dan letakkan di lutut kiri. Rangkul pinggul kirimu dan perlahan tarik ke arah tubuh.

Pastikan kepala dan pundak tetap di lantai hingga kamu merasakan sensasi peregangan di pinggul kanan. Tahan pose ini selama 30 detik untuk setiap kaki.

3Twists

Twists. (BRIGHTSIDE)

Berbaringlah di lantai dan tekuk lutut, lalu gerakkan kakimu ke sisi kanan. Kaki kiri harus tetap di lantai dan posisi pergelangan kaki kanan harus di atas lutut kananmu. Kemudian letakkan tanganmu di dekat kepala, tarik lutut kanan ke lantai. Tahan posisi selama 30 detik untuk setiap sisi.

4Lunges

Lunges. (BRIGHTSIDE)

Ambil posisi seperti merangkak dengan kedua tangan di lantai. Ambil satu langkah ke depan dengan kaki kanan selebar mungkin, hingga berada sejajar dengan lengan kananmu. Kemudian, tanpa menggerakkan lengan, condongkan pinggul ke depan untuk meregangkan bagian depan pinggul. Tetap di posisi ini selama 30 detik. Lakukan hal yang sama untuk kaki kiri.

5Leg spread

Leg spread. (BRIGHTSIDE)

Berdiri dengan kaki terbuka lebar, lalu arahkan jari-jari kakimu ke luar. Jaga punggung tetap lurus, otot perut tertekuk, dan gerakkan bahu ke bawah.

Hembuskan napas sambil perlahan turun seolah-olah kamu akan duduk di kursi. Gerakkan lutut ke samping dan tahan posisi ini selama 30 detik.

6Bending

Bending. (BRIGHTSIDE)

Posisikan kaki selebar bahu dan pastikan bahwa jari-jari kaki mengarah ke depan. Perlahan-lahan bernapaslah dan membungkuk, sambil menjaga punggung lurus dan lutut sedikit ditekuk. Tetap di posisi ini selama 30 detik, lalu naikkan tubuh ke posisi semula secara perlahan.

7A cow's head pose

A cow's head pose. (BRIGHTSIDE)

Ambil posisi duduk, sambil tekuk lutut. Gerakkan kaki kanan ke belakang lutut kiri dan letakkan di lantai di sebelah kiri panggul. Pastikan lutut berada di atas satu sama lain.

Angkat tubuh dengan kedua lengan menopang di lantai, sambil mempertahankan posisi lurus. Kemudian, turun dengan menjaga posisi tetap seimbang.  Dan tahan posisi ini selama 30 detik.

8Sitting twist

Sitting twist. (BRIGHTSIDE)

Duduklah dengan kaki lurus, lalu tekuk lutut dan letakkan kaki kiri di atas kaki kanan. Posisi kaki berada di sebelah pinggul kananmu.

Gerakkan kaki kanan lebih dekat ke bokong sisi kananmu dan bawa siku kanan ke bagian luar lutut kiri saat kamu berputar ke arah kiri. Pertahankan posisi ini selama 30 detik dan lakukan hal yang sama untuk sisi yang lainnya.

9Happy baby pose

Happy baby pose. (BRIGHTSIDE)

Berbaringlah telentang, hembuskan napas, sambil tekuk lutut ke arah perutmu. Tarik napas dan genggam sisi luar telapak kaki dengan tangan.

Perlahan-lahan buka lutut sedikit lebih lebar dari badan, kemudian tarik ke arah ketiakmu. Pastikan bahwa pergelangan kaki tegak lurus dengan lantai dan tetap di posisi ini selama 30 detik.

 

BRIGHTSIDE| EVERYDAY HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments