hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

9 Mei 2018, 14:00 WIB

KOREA SELATAN

Dalam dunia entertainment, tubuh langsing sering dikaitkan dengan kecantikan. Tak sedikit idola K-Pop berdiet untuk mencapai standar kecantikan dunia entertainment. Ketika banyak idola K-Pop yang memutuskan untuk melakukan diet yang aman, ada beberapa seleb yang berdiet ketat sampai harus mengalami gangguan makan serius. Berikut idola K-Pop yang punya gangguan makan dan tak sungkan menceritakan pengalaman mereka:

1. Jang Na Ra

Jang Na Ra pernah alami bulimia. (KOREA BOO)

Meskipun Jang Na Ra tampak selalu ceria, ia sebenarnya pernah berjuang menghadapi beberapa gangguan kecemasan dan bulimia yang terjadi pada dirinya. Ia pertama kali terbuka mengenai masalah ini di variety show "Healing Camp". Jang Na Ra mengidap bulimia karena banyaknya tekanan yang ia rasakan. Hal ini juga menyebabkan ia mengalami gangguan kecemasan yang parah. Lalu, Jang Na Ra pun mengatakan kalau ia mulai merasa sehat kembali setelah berbincang dengan orang tuanya dan menjalani sesi konseling.

2. IU

IU juga alami bulimia. (KOREA BOO)

Sulit dipercaya memang kalau artis pujaan Korea ini pernah mengalami gangguan makan, tetapi IU sangat terbuka tentang perjuangannya melawan bulimia dulu. Dalam variety show "Healing Camp", IU mengaku bahwa ia mendapat banyak tekanan setelah debut. IU menderita bulimia ketika ia mulai mengonsumsi makanan untuk membuat dirinya merasa lebih baik. Bukannya membaik, dia malah merasa cemas dan makan hingga muntah. Kemudian, IU akhirnya ikut konseling, sembuh, dan terus membagikan pengalamannya itu kepada orang lain.

3. JinE (Oh My Girl)

 

JinE sempat didiagnosa menderita anoreksia. (KOREA BOO)

Setelah girlband Korea Oh My Girl debut, salah satu membernya yaitu JinE mendapat banyak komentar yang menyebut dirinya gemuk. Ia pun memutuskan untuk berdiet ketat. Lama-kelamaan kesehatannya menurun dan JinE dibawa ke rumah sakit dengan hasil diagnosa menderita anoreksia. Tak lama setelah hasil diagnosa keluar, WM Entertaiment mengumumkan bahwa JinE akan hiatus sementara waktu untuk menjalani perawatan. Setahun kemudian ia mengakhiri kontrak dengan WM Entertainment untuk melanjutkan perawatan atas gangguan kesehatannya tersebut. Sekarang JinE bersikap sangat terbuka akan pengalamannya dan terus memposting foto-fotonya ketika sedang makan agar para penggemarnya tahu kalau ia baik-baik saja.

4. Sojung (Ladies' Code)

Sojung juga sempat menderita anoreksia. (KOREA BOO)

Dalam acara Girl Spirit di kanal JTBC, Sojung mengungkapkan bahwa dirinya pernah mengidap anorexia. Bahkan sebelum debut, berat badannya sempat turun sebanyak 18-20 pon (8-9 kilogram). Berat badan terendahnya pernah mencapai 84 pon (38 kilogram). Sojung mengaku wajahnya tampak seperti tengkorak dan tubuhnya seolah bisa patah kapan saja. Sejak saat itu, dia menjalani rangkaian penyembuhan, makan, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

5. Seo In Guk

Seo In Guk sempat alami bulimia. (KOREA BOO)

Walaupun gangguan makan kebanyakan diderita oleh para wanita, ternyata pria juga bisa mengalami hal yang sama. Seo In Guk mengungkapkan gangguan bulimia yang dialaminya dalam acara "News and Issues-Issues and People" di kanal YTN. Awalnya, pada audisi JYP Entertaiment ia diberitahu untuk menurunkan berat badan. Mulai saat itu, Seo In Guk jadi terobsesi untuk terus menurunkan berat badannya dengan memuntahkan setiap makanan yang ia konsumsi. Namun, saat audisi tahap kedua ia malah ditolak lantaran pita suaranya rusak akibat keseringan muntah. Untungnya, penolakan itu mendorong semangat Seo In Guk untuk mengubah kebiasaannya. Kepercayaan dirinya pun meningkat sejak memenangkan program Superstar K. 

KOREA BOO | BILLBOARD

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments