hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

26 November 2018, 14:00 WIB

INDONESIA

Kulit wajah yang mulus, bersih, dan bebas jerawat memang menjadi impian banyak orang, terutama para wanita. Untuk itu, enggak jarang kita melakukan beberapa tahap rutinitas skincare untuk mendapatkan kulit wajah impian.  Sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan ketika melakukan rutinitas perawatan wajah tersebut. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika melakukan rutinitas skincare.

 

1. Tidak memulai rutinitas skincare dengan membersihkan makeup

Bersihkan wajah dua kali! (BRIGHT SIDE)

Langkah paling awal dari rutinitas skincare adalah membersihkan wajah. Idealnya, kamu melakukan double cleanse di sore atau malam hari. Langkah pertama untuk membersihkan makeup, dan langkah kedua untuk memastikan kalau pori-pori wajah tidak tersumbat.

2. Menggunakan pembersih yang salah

Salah gunakan pembersih! (BRIGHT SIDE)

Kulit yang bersih dan kencang ternyata tidak sebagus yang kamu kira. Angka pH normal kulit wajah sekitar 5.5. Itulah mengapa pembersih dengan pH yang tinggi bisa menyebabkan jerawat, dengan memicu kelenjar sebasea untuk menghasilkan sebum lebih banyak dari yang seharusnya dibutuhkan.

3. Tidak menggunakan toner setelah membersihkan wajah

Gunakan toner setelah membersihkan wajah. (BRIGHT SIDE)

Toner menjadi salah satu tahap skincare yang mungkin paling dianggap remeh, tapi sebenarnya toner memiliki peran yang penting. Toner akan mempersiapkan kulit kamu untuk pelembab dan menghilangkan klorin dan mineral yang ada di air keran. Jangan lupa untuk memastikan kalau toner yang kamu pakai bebas alkohol.

4. Terlalu banyak menggunakan produk eksfoliasi

Batasi produk pengelupasan. (BRIGHT SIDE)

Menghilangkan kulit mati memang sangat penting, tapi eksfoliasi fisik bisa merusak kulit dan menjadikannya kering dan mengelupas. Kamu bisa coba dengan menggunakan serum acid peeling yang bekerja langsung dipermukaan kulit dan menstimulasi tumbuhnya sel baru.

5. Memencet jerawat

Jangan pernah memencet jerawat, ya! (BRIGHT SIDE)

Jangan memencet jerawat, karena memencet jerawat hanya akan membuat infeksi jerawat menyebar di wajah kamu. Daripada memencet jerawat, cobalah menggunakan perawatan khusus untuk jerawat seperti salicylic acid langsung pada jerawat.

6. Menghindari mengunakan perawatan berbahan dasar minyak

Jangan hindari produk yang mengandung minyak. (BRIGHT SIDE)

Meskipun kamu punya kulit yang berminyak, kamu tetap harus menggunakan minyak untuk melembabkan kulit. Kurangnya hidrasi pada kulit akan menyebabkan kelenjar sebasea lebih aktif, yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Sebaniknya gunakan minyak atau oil dengan linoleic acid seperti minyak rosehip organik, minyak biji rami, atau minyak biji labu.

7. Tidak menggunakan produk yang mengandung SPF

Gunakan tabir surya untuk merawat kulit. (BRIGHT SIDE)

Kulit yang tidak terlindungi dari sinar matahari cenderung mudah keriput dan timbul pigmentasi. Menggunakan tabir surya setiap hari adalah suatu keharusan dan tidak hanya pada saat musim panas. Tingkat SPF yang lebih tinggi memiliki manfaat yang lebih baik.

8. Tidak mengganti sarung bantal secara rutin

Dapatkan wajah bersih dengan rutin mengganti sarung bantal! (BRIGHT SIDE)

Hal ini mungkin nampaknya tidak penting, tapi sarung bantal sebenarnya memiliki banyak bakteri dari tubuh kita dan dari sumber lain. Saat tidur bakteri tersebut bisa berpindah ke wajah dan menyebabkan jerawat. Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk mengganti sarung bantal minimal satu minggu sekali.

9. Kurang konsumsi air dan mengonsumsi junk food

Perbanyak konsumsi air dan makanan sehat. (BRIGHT SIDE)

Semua masalah yang muncul diwajah dimulai dari dalam tubuh. Itulah mengapa kita harus memperhatikan kebiasaan makan dan minum. Mulailah dengan meminum lebih banyak air dan makanan yang bersih dan sehat, dan kulit kamu akan mulai berubah menjadi lebih baik.

BRIGHT SIDE | HEALTH

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments