hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

11 April 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Makanan lezat seperti pizza dan pancake enggak selamanya identik dengan makanan yang kurang sehat. Dengan sedikit perubahan dalam bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya, makanan favorit banyak orang ini, bisa menjadi lebih sehat. Bahan-bahan alternatif pengganti yang digunakan pun dapat dengan mudah didapatkan. Jadi, kamu tetap bisa makan enak tapi tetap sehat. 

 

 

 

1. Ganti pasta dengan mie ubi

Pasta bisa kamu ganti dengan mie ubi. (BRIGHT SIDE)

Buat kamu penggemar pasta yang tetap ingin punya badan yang bagus, maka kamu bisa mencoba membeli spiralizer. Spiralizer adalah sebuah alat yang harus dimiliki oleh orang-orang yang ingin menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam menu makanan mereka. Alat ini sangat cocok dengan sayuran berbentuk silinder, seperti kentang, timun, dan wortel. Mie dari sayuran tersebut bisa dijadikan sebagai pengganti mi yang terbuat dari tepung terigu agar makanan kamu lebih rendah kalori.

2. Ganti roti pizza dengan kol

Ganti roti pizza dengan kol. (BRIGHT SIDE)

Enggak perlu diragukan lagi kalau pizza adalah salah satu makanan cepat saji favorit banyak orang. Tapi ternyata ada banyak resep pizza dengan bahan-bahan yang lebih sehat, murah, dan juga mudah untuk dibuat. Agar makanan yang lezat ini bisa lebih sedikit kalorinya, kamu bisa mengganti roti pizzanya dengan menggunakan kol untuk menghilangkan karbohidrat berlebih. Salah satu keuntungan lainnya adalah kol merupakan makanan bebas gluten.

3. Ganti kentang tumbuk dengan kembang kol tumbuk

Mashed potato bisa diganti kol tumbuk, loh. (BRIGHT SIDE)

Siapa yang enggak suka mashed potato alias kentang tumbuk. Tapi biasanya mashed potato dimasak menggunakan banyak susu dan mentega yang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Bagi kamu yang sedang mencari pengganti dari mashed potato yang lebih sehat, maka kamu bisa mencoba kembang kol tumbuk sebagai alternatifnya.

Untuk mendapatkan kembang kol tumbuk yang creamy, kamu bisa menggunakan kembang kol yang sudah berbentuk seperti beras. Dengan bentuk seperti itu kembang kol akan lebih cepat matang dan kamu bisa menghaluskannya tanpa mengeluarkan tenaga lebih.

4. Ganti mentega, mayonise, dan minyak dengan greek yogurt

Gunakan greek yogurt untuk pengganti mentega, mayonise dan minyak. (BRIGHT SIDE)

Banyak resep makanan yang menggunakan bahan berlemak seperti mentega dan minyak agar hasilnya lebih lezat. Namun, bahan-bahan tersebut juga dikenal karena mengandung lemak jenuh. Konsumsi yang sering dari mentega, mayonise, dan minyak bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika kamu ingin mencari pilihan lain yang lebih sehat, kamu bisa mencoba menggantinya dnegan greek yogurt. Kamu bisa menggunakannya untuk segala jenis makanan. Dijamin sehat karena greek yogurt kaya probiotik.

5. Ganti kentang goreng dengan ubi goreng

Ganti kentang goreng dengan ubi goreng. (BRIGHT SIDE)

Kentang goreng memang sangat nikmat dan juga mudah untuk dibuat. Namun karena proses pengolahan kentang goreng yang di goreng dalam banyak minyak membuat ketang goreng tidak sehat. Agar lebih sehat kamu bisa mengolah kentangnya dengan cara dipanggang menggunakan minyak kelapa.

Atau kamu bisa mengganti kentang dengan ubi manis, baik ubi putih atau kuning. Ubi manis mengandung banyak vitamin A, B6, B5, dan nutrisi lainnya.

6. Ganti adonan pancake dengan telur dan pisang

Adonan pancake bisa diganti telur dan pisang. (BRIGHT SIDE)

Kamu bisa mengganti tepung terigu dalam adonan pancake dengan menggunakan telur dan pisang. Kamu juga bisa memangganya dengan menggunakan minyak kelapa jika suka. Agar semakin lezat, kamu bisa menambahkan sejumput garam laut atau ekstrak vanila. Kamu tidak perlu menambahkan gula karena pisangnya akan memberikan rasa manis alami.

7. Ganti keripik kentang dengan keripik kale

Ganti keripik kentang dengan kale. (BRIGHT SIDE)

Camilan favorit satu ini memang sulit banget untuk digantikan, tapi ternyata sekantung keripik kentang bisa kamu ganti dengan keripik kale, loh. Kamu enggak perlu khawatir karena rasanya sama enaknya. Kale merupakan pilihan yang lebih sehat karena mengandung anti oksidan dan vitamin B.

8. Ganti cake biasa dengan cake wortel

Cake wortel untuk gantikan cake biasa. (BRIGHT SIDE)

Cake yang bisa kita lihat di toko roti biasanya sangat manis dan tinggi kalori. Namun, ternyata buat kamu yang sedang diet bisa menikmati enaknya cake tanpa rasa takut. Kamu bisa menggantinya dengan cake wortel yang tidak mengandung gula, tepung terigu, dan mentega.

BRIGHT SIDE | TIME

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments