hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 Maret 2018, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di Google Playstore atau AppleStore, kamu bisa menemukan berbagai aplikasi menarik dan kamu nilai penting buat handphone. Tapi ternyata enggak semuanya bermanfaat loh. Malah banyak juga yang bisa menyedot daya handphone sampai mencuri data pribadi kamu. Berikut tujuh apliasi yang sebaiknya kamu hindari:

1. WEATHER APPS

(Brightside)

Aplikasi ini sempat populer, tapi kemudian diketahui kalau ada banyak virus di dalamnya. Pernah ada kasus, di aplikasi Weather App ternyata ditemukan virus Trojan yang mengambil data pemilik handphone dan mengirimnya ke penyerang.

Kebanyakan penyerang virus ini tertarik untuk mengambil data kartu kredit pemilik handphone. Akhirnya popularitas aplikasi ini menurun. Orang-orang lebih banyak memilih untuk mengecek prakiraan cuaca lewat browser atau aplikasi bawaan di handphone-nya.

2. MEDIA SOSIAL

(Brightside)

Aplikasi media sosial seperti Facebook, memang populer dan banyak di-download orang. Hackers memang enggak bisa mengutak-atik aplikasi ini. Tapi sayangnya, banyak aplikasi media sosial yang menyedot baterai handphone sehingga handphone jadi lebih cepat kehabisan daya.

3. OPTIMIZERS

(Brightside)

Aplikasi seperti Clean Master dan optimizers lain, biasanya digunakan untuk membersihkan cache atau program-program lain yang tidak penting dari handphone. Tapi, kebanyakan handphone saat ini sudah memiliki optimizers bawaan yang membuat kamu enggak perlu men-download aplikasi semacam ini lagi.

Kebanyakan aplikasi optimizers juga membuat daya hidup baterai lebih pendek. Hasilnya kamu tidak membuat sistem handphone lebih cepat. Tapi justru membuatnya lebih lambat dan akan muncul banyak iklan sebagai ‘bonus’ buat kamu.

4. BUILT-IN BROWSERS

(Brightside)

Browser yang masih dalam kondisi built in biasanya ditemukan sudah terinstal di sistem handphone. Tapi aplikasi ini umumnya masih lambat dan tentu tidak populer. Di kebanyakan kasus, built-in browser semacam ini akan terbuka ketika kamu mengklik suatu link.

Tidak seperti browser mumpuni semacam Google Chrome, built-in browser tidak memiliki perlindungan terhadap data dan mereka dapat menurunkan kinerja sistem di handphone kita.

5. ANTIVIRUS DARI DEVELOPER YANG TIDAK DIKENAL

(Brightside)

Ketika mulai banyak kasus hacking terhadap handphone atau pencurian data, maka aplikasi antivirus mulai dibutuhkan banyak orang. Tapi mesti hati-hati karena banyak antivirus yang dibuat oleh hackers. Aplikasi ini mencuri data personal pemilik handphone. Bahkan ada yang sampai memblok handphone itu.

6. BROWSER DENGAN FEATURE TAMBAHAN

(Brightside)

Kategori ini meliputi browsers dengan feature spesial seperti menonton video atau streaming. Di aplikasi seperti ini biasanya ada iklan-iklan yang  jumlahnya banyak banget. Selain menyebalkan, iklan enggak penting seperti ini membuat sistem handphone jadi lebih lambat.

Kedua, aplikasi ini bakal meminta akses ke berbagai fitur di handphone kita, termasuk pengaturan panggilan. Hal ini tentunya enggak aman buat penggunaan handphone kita.

7. APLIKASI PENINGKAT RAM

(Brightside)

Aplikasi ini mengklaim bisa meningkatkan RAM handphone. Padahal sebenarnya yang bisa mereka lakukan hanya mengoptimisasi handphone, seperti aplikasi optimizers lain.

Memori RAM di handphone tidak bisa ditingkatkan, jadi hanya sesuai dengan memori bawaan yang di-instal oleh produsen handphone. Selain tidak benar-benar berfungsi, aplikasi ini juga dapat mengkoleksi data dari handphone kita.  

BRIGHTSIDE

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments