hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

16 Februari 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Coba buka kulkasmu sekarang, mungkin kamu akan temukan beberapa sisa bahan makanan. Seperti susu atau roti tawar yang sudah beberapa hari terbuka di dalamnya. Jangan buru-buru membuangnya karena bisa dikreasikan menjadi olahan makanan yang enak, ketimbang jadi mubazir. Berikut beberapa ide supaya sisa makanan di dalam kulkas bisa jadi penyelamat perut, di saat kamu sedang berhemat.

1Sisa Nutella jadi susu cokelat

Sisa Nutella jadi susu cokelat. (BRIGHTSIDE)

Jangan langsung membuang toples selai Nutella karena biasanya di pinggirannya masih tersisa lumayan banyak cokelat bukan? Tuangkan saja susu hangat ke dalam toples, aduk dengan baik, dan voila! Secangkir coklat panas yang menyenangkan sudah siap!

2Susu asam untuk bikin kue

Susu asam untuk bikin kue . (BRIGHTSIDE)

Campuran susu yang agak asam bisa membuat pancake empuk, crêpes, semua jenis kue, bahkan untuk membuat keju rumahan seperti ricotta, yang cukup mahal di toko. Namun, pastikan jenis susu berkualitas untuk memastikannya menjadi asam dan bukannya tengik tanpa harapan.

3Sisa makanan jadi pizza

Sisa makanan jadi pizza. (BRIGHTSIDE)

Sisa saus tomat dan mayones bisa kamu oles di atas adonan. Lalu tambahkan topping jamur cincang, tomat, rempah-rempah, salami, sosis, buah zaitun, daging panggang, atau apapun yang ada di dalam kulkasmu. Taburkan semuanya dengan keju parut. Ini adalah cara gampang untuk menghemat uang makan, tapi tetap enak dan bergizi. 

4Tomat lembek jadi saus tomat

Tomat lembek jadi saus tomat. (HITROZTRIGIZNI)

Jika tomat kamu mulai lembek, berair, dan hampir busuk, jangan cepat-cepat membuangnya. Kupas dan rebus tomat dengan api sedang selama 10 menit.

Lalu campurkan pasta yang dihasilkan dengan bawang putih. Masak pasta tomat kembali selama 5-7 menit dan beri bumbu secukupnya, serta  tambahkan beberapa daun-daunan herbal sesuai selera sebelum matang.

5Adonan biskuit dari sisa oatmeal

Adonan biskuit dari sisa oatmeal. (BRIGHTSIDE)

Oatmeal yang sudah diseduh bakal cepat kehilangan rasa dan menjadi enggak menarik untuk dimakan setelah dingin. Kalau kamu memasak terlalu banyak, tambahkan saja susu, telur, minyak, beri, garam, dan gula. Kamu akan mendapatkan campuran adonan untuk membuat kue atau muffin yang cukup lezat.

6Roti basi jadi roti bakar

Roti basi jadi roti bakar. (BRIGHTSIDE)

Jangan ragu, tips ini bahkan diikuti oleh chef terkenal Jamie Oliver lho. Selain membuat roti panggang dari roti basi, dia menyarankan untuk mengolahnya menjadi remah roti untuk dimakan dengan sup dan pasta. Serta menggunakannya dalam membuat meatloaves agar lebih ringan dan lebih murah.

7Keju kering untuk kuah kaldu

Keju kering untuk kuah kaldu. (BRIGHTSIDE)

Keju seperti Parmesan harganya lumayan mahal, jadi kamu pasti enggak mau rugi dong membuang sisanya. Kalau keju sudah tersisa setengah kering, kamu bisa menambahkannya ke dalam kuah kaldu sup jagung atau sup jamur untuk membuat rasanya lebih kaya dan gurih.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments