hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

5 Februari 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia sangat bergantung pada fungsi hormon yang bertugas menjaga mood, emosi, perilaku, hingga penampilan. Sering kali sejumlah masalah kesehatan muncul akibat terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Jika kamu mengalami beberapa gejala seperti berikut ini. Cobalah konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut terkiat kondisi hormonmu. 

1Jerawat

Jerawat. (BRIGHTSIDE)

Kulit wajah mengalami break out alias jerawat muncul di mana-mana, adalah hal yang paling menakutkan buat para perempuan. Gejala ini bisa terjadi karena kurangnya perawatan kulit wajah, pola makan berantakan, dan siklus menstruasi. Atau jika berlangsung dalam jangka waktu lama, berarti kamu mengalami kelainan hormon. 

2Kelebihan berat badan dan sebaliknya

Kelebihan berat badan. (GET BOULDER)

Sebagian orang mati-matian menjaga pola makan, olahraga teratur, dan menahan nafsu ngemil demi menjaga bentuk tubuh tetap langsing. Namun, ada pula yang enggak perlu berusaha sekeras itu dan tetap langsing setiap waktu. Perbedaan hormon pada setiap orang lah yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. 

3Kelelahan

Kelelahan. (PINTEREST)

Rasa lelah akut bisa jadi tanda bahwa tubuhmu mengalami ketidakseimbangan hormon. Bahkan jika kamu sudah tidur lebih dari 8 jam sehari sekali pun. Tingginya tingkat hormon progesteron biasanya menyebabkan hal ini terjadi. Dan pemeriksaan darah bisa membuktikan keadaan ini agar dapat ditangani. 

4Berkeringat

Berkeringat. (BRIGHTSIDE)

Keringat yang berlebih enggak selalu berkaitan dengan kelainan hormon. Meski begitu, kamu harus segera memeriksakan tingkat hormonmu jika keringat disertai dengan suhu tubuh yang tiba-tiba meningkat drastis.

5Lingkar hitam di bawah mata

Lingkar hitam di bawah mata. (BRIGHTSIDE)

Enggak ada produk make up apa pun yang dapat menutupi lingkar hitam di bawah mata, jika kamu memang kekurangan jam tidur setiap harinya. Insomnia akut bisa disebabkan oleh kurangnya hormon testosteron pada pria. Dan kurangnya hormon progesteron pada perempuan. 

6Depresi

Depresi. (BRIGHTSIDE)

Ketidakseimbangan hormon pada tubuh bisa berujung pada depresi dan rasa cemas berlebih. Hal ini biasanya terjadi karena siklus menstruasi, kehamilan, dan proses menopause pada perempuan. Jika rasa cemasmu muncul terlalu sering, cobalah konsultasi ke endokrinologis untuk memeriksakan hormon. 

7Perubahan bentuk payudara

Perubahan bentuk payudara. (MIAMI BREAST CENTER)

Rendahnya tingkat hormon estrogen dapat menyebabkan jaringan payudara menjadi kurang padat. Sedangkan tingkat hormon yang terlalu tinggi berpotensi menimbulkan benjolan atau kista. 

8Rambut rontok

Rambut rontok. (BRIGHTSIDE)

Rambutmu sering rontok dan dalam jumlah yang lumayan banyak? Itu merupakan tanda hormon dalam tubuhmu dalam keadaan enggak seimbang. Jika benar karena faktor hormon, sampo termahal sekali pun enggak akan dapat mengurangi kerontokan rambut yang kamu alami. Coba periksakan ke dokter!

9Pertumbuhan rambut di bagian yang enggak diinginkan

Pertumbuhan rambut di bagian yang enggak diinginkan. (BRIGHTSIDE)

Enggak cuma rambut rontok, rambut yang tumbuh di tempat-tempat yang enggak diinginkan juga biasanya menjadi tanda hormon bermasalah. Rambut hitam di sekitar payudara, area wajah, tangan, dan bagian tubuh lainnya yang enggak seharusnya ditumbuhi rambut, mengindikasikan ada permasalahan hormon yang harus kamu tangani.

 

BRIGHTSIDE| WEB MD| PATIENTSMEDICAL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments