hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

1 Februari 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Rata-rata manusia menghabiskan 25 tahun hidupnya untuk tidur. Karena istirahat yang tepat dan cukup memang sangat penting bagi kelangsungan hidup. Tidur nyenyak dan berkualitas memiliki banyak manfaat. Enggak hanya merevitalisasi tubuh tapi juga membuat otak bekerja maksimal.

Sementara, setiap orang memiliki kebiasaan posisi tidur yang berbeda-beda. Kalau kamu sendiri gaya tidurnya seperti apa? Nah, ada baiknya mengetahui efek positif dan negatif posisi tidur yang biasa dilakukan terhadap tubuh, dilansir dari Brightside.

1Posisi tentara

Posisi tentara. (BRIGHTSIDE)

Tidur telentang dengan tangan di sisi tubuh dianggap sebagai posisi yang baik. Karena tulang belakang, bahu, dan leher dapat rileks dengan sempurna. Posisi ini juga dapat mencegah keriput wajah dan memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan.

Meski begitu, posisi ini juga meningkatkan potensi seseorang mendengkur. Serta dapat menyebabkan sakit punggung, kecuali kamu menempatkan bantal di bawah punggung atau di bawah lutut. 

2Posisi bintang laut

Posisi bintang laut. (BRIGHTSIDE)

Pada posisi ini, seseorang berbaring telentang tapi dengan kedua tangan terangkat di kedua sisi kepalanya dan posisi ini baik untuk leher, tulang belakang, da dapat mengurangi risiko sakit kepala.

Namun, posisi kedua lengan terangkat bisa memberi tekanan pada area bahu yang berpotensi menyebabkan nyeri. Untuk mencegahnya, enggak perlu menggunakan bantal kepala saat tidur dengan posisi ini.

3Posisi batang kayu

CPosisi batang kayu. (BRIGHTSIDE)

Dengan posisi ini, kamu berbaring miring dengan kedua tangan diposisikan ke bawah dalam garis lurus. Untuk posisi ini disarankan tidur di sisi kiri agar lebih menyehatkan organ vital.

Posisi ini diyakini paling ideal untuk ibu hamil. Serta dapat mengurangi potensi apnea, mendengkur, dan sakit leher. Akan tetapi, posisi miring bisa meningkatkan risiko sakit pinggul dan punggung. Serta risiko pengenduran payudara dan wajah keriput. 

4Posisi memeluk

Posisi memeluk. (BRIGHTSIDE)

Tidur miring dengan kaki sedikit menekuk, lengan terulur, dan kepala sedikit tertunduk dianggap dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson's.

Dengan posisi ini, kamu juga cenderung tidur lebih nyenyak karena tubuh lebih nyaman. Tapi bisa juga ada tekanan pada organ dalam. Seperti lambung, hati, dan paru-paru. Kamu bisa menempatkan bantal atau guling diantara kaki untuk agar lebih nyaman. 

5Posisi janin

Posisi janin. (BRIGHTSIDE)

Posisi janin yatu tubuh berbaring miring dengan lutut terangkat ke dada dan dagu  miring ke bawah. Ini adalah posisi tidur paling populer di kalangan wanita. Lebih dari 41% responden penelitian mengaku menyukai posisi ini.

Wajar saja, posisi ini juga termasuk ideal untuk para ibu hamil. Selain itu, posisi ini membuat meminimalisir seseorang tidur mendengkur. Meski begitu, posisi miring bisa menyebabkan tekanan pada leher dan membuatnya terasa nyeri saat bangun. 

6Posisi tengkurap

Posisi tengkurap. (BRIGHTSIDE)

Berbaring telentang bertumpu pada perut saat tidur bukanlah posisi tidur yang baik. Dan kebanyakan ahli enggak menyarankannya.

Posisi ini memang dapat mengurangi potensi mendengkur. Namun tekanan pada tulang belakang dan organ internal dapat menyebabkan nyeri. Kontak wajah dengan kasur selama tidur juga dapat menyebabkan potensi kulit mengeriput lebih dini.

 

BRIGHTSIDE| ART OF LIVING| ATSJOURNALS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments