hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 Januari 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Setiap orang pasti mau tetap sehat, bugar, dan langsing. Namun sering kali segala upaya diet yang dicoba enggak menunjukkan hasil yang bertahan lama. Ditambah lagi, pola hidup yang sibuk membuat kamu semakin sulit menyeimbangkan asupan dan olahraga secara konsisten.

Tapi, jangan putus asa dulu! Berikut ini cara supaya berat badan bisa turun tanpa perlu diet dan olahraga mati-matian seperti dilansir dari Brightside.

1Jangan lupa minum

Jangan lupa minum. (BRIGHTSIDE)

Untuk mempersiapkan pencernaan dan membuatmu makan lebih sedikit, minumlah 1-2 gelas air sekitar setengah jam, sebelum kamu makan. Air sangat membantu proses metabolisme tubuh, termasuk saat mencerna makanan. 

2Perhatikan makanan

Perhatikan makanan. (BRIGHTSIDE)

Saat makan, usahakanlah untuk fokus pada makanan dan jangan makan sambil melakukan aktivitas lain. Seperti nonton televisi, bermain video games, dan sebagainya. Jika kamu fokus pada makanan, kamu akan makan lebih perlahan dan akhirnya mampu mengontrol jumlahnya. 

3Gunakan piring kecil dan sumpit

Gunakan piring kecil dan sumpit. (BRIGHTSIDE)

Supaya bisa mengontrol porsi, latihlah untuk makan dengan piring yang lebih kecil. Dan hanya makan dari piring tersebut. Kalau ingin latihan makan lebih lambat dengan porsi lebih sedikit, cobalah juga makan menggunakan sumpit. 

4Tidur cukup

Tidur cukup. (BRIGHTSIDE)

Tidur malam yang cukup akan memengaruhi proses metabolisme tubuh dan tingkat hormon yang menjadi kunci tubuh bugar. Kebiasaan begadang hanya akan memberi peluang untuk kamu makan lebih banyak di malam hari. 

5Tidur dalam suhu dingin

Tidur dalam suhu dingin. (BRIGHTSIDE)

Penelitian menunjukkan kalau tidur dalam temperatur sekitar 19 derajat celsius bisa membantu tubuh mengurangi kalori. Alasannya, tubuh akan membakar lemak untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat selama kamu tidur. 

6Asupan pembakar lemak

Asupan pembakar lemak. (BRIGHTSIDE)

Cobalah mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi seperti ikan salmon, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, cabai, dan teh hijau. Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan metabolisme sehingga proses pembakaran lemak lebih cepat. 

7Lupakan pantangan

Lupakan pantangan. (BRIGHTSIDE)

Jika kamu mau makan kue atau coklat, lakukanlah. Namun, jika biasanya kamu makan 3-5 potong, sekarang cobalah makan 1 potong saja dan makanlah di pagi hari agar tubuh punya kesempatan membakarnya. Pantangan yang terlalu keras hanya akan membuat stres dan meningkatkan hormon buruk pada tubuh. 

8Sikat gigi

Sikat gigi. (BRIGHTSIDE)

Biasakanlah menyikat gigi secara rutin terutama setiap habis makan. Dengan begitu, kamu akan malas untuk menambah makan atau mengemil lagi setelah sikat gigi. 

9Tertawa

Tertawa. (BRIGHTSIDE)

Ternyata, tertawa adalah bentuk dari olahraga lho. Tertawa membuat otot perut kamu aktif bekerja dan membakar kalori untuk kebutuhan energi. Sering-sering saja menonton film atau acara komedi ya!

10Kompres panas

Kompres panas. (BRIGHTSIDE)

Suhu panas membuat kamu berkeringat, sehingga cairan yang tidak diperlukan dalam tubuh akan berkurang. Cobalah membuat kompres garam atau jahe dan letakkan pada bagian tertentu pada tubuh sambil menonton televisi atau membaca buku.

 

BRIGHTSIDE| REDBOOK| TIME

8

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments