hero
(FITTAG)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Januari 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kesehatan memang harta paling berharga dan harus terus dijaga seumur hidup, salah satunya dengan berolahraga. Namun, sering kali orang kesulitan berolahraga karena merasa tubuhnya sudah tidak lagi fleksibel melakukan banyak gerakan.

Nah, daripada mengeluh, cobalah lakukan gerakan membungkuk sebawah mungkin. Dan lihat sampai mana titik kemampuanmu. Ternyata fleksibilitas tubuh bisa menjadi penanda usia tubuh seperti berikut ini.

1Usia 20-25

Usia 20-25. (BRIGHTSIDE)

Cobalah untuk membungkuk sampai kedua tangan dapat menyentuh lantai. Tapi posisi kedua kaki tetap tegak lurus.Kalau bisa, berarti otot-ototmu masih fleksibel layaknya di usia awal 20-an.

2Usia 25-38

Usia 25-38. (BRIGHTSIDE)

Di usia ini, biasanya kamu masih bisa menyentuh permukaan lantai dengan ujung-ujung jari dan lutut agak menekuk. Posisi ini masih cukup nyaman untuk dilakukan. 

3Usia 38-50

Usia 38-50. (BRIGHTSIDE)

Jari-jarimu hanya dapat menyentuh bagian atas kaki, lutut ditekuk, dan otot-otot tubuh terasa menegang. Pada posisi ini, biasanya tubuh enggak kuat lama-lama, dan ingin segera berdiri tegak kembali. 

4Usia lebih dari 50

Usia lebih dari 50. (BRIGHTSIDE)

Biasanya kamu bahkan sudah enggak mampu menyentuh bagian kaki dan kesulitan untuk sekadar membungkuk. Posisi ini sulit dan membuatmu enggak nyaman di usia lebih dari 50 tahun.

Jangan panik kalau hasilnya enggak sesuai harapanmu karena fleksibilitas tubuh bisa dilatih kapan pun. Cobalah untuk rutin melakukan posisi membungkuk ini sebanyak 30 kali sehari dan kamu akan lihat sendiri hasilnya.

Teruslah berlatih selama 30 hari! (BRIGHTSIDE)

Meregangkan otot dengan membungkuk dapat membuat ligamen dan tendon semakin kuat sehingga badanmu pun bisa jadi lebih lentur dan mudah melakukan gerakan-gerakan olahraga yang lainnya.

 

BRIGHTSIDE| OUTSIDE MAGAZINE| PENN STATE NEWS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments