hero
(PIXABAY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

11 Desember 2017, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kebanyakan orang mungkin berpikir kalau sayuran segar, biji-bijian, dan hidangan laut merupakan bahan makanan yang menyehatkan. Bahan-bahan makanan tersebut mengandung banyak vitamin dan asam lemak omega-3 yang tentunya bagus untuk tubuh.

Namun, enggak banyak yang tahu kalau ada beberapa bahan makanan yang tampak sehat, namun ternyata berpotensi menjadi racun yang bisa mematikan. Berikut di antaranya yang perlu kamu ketahui seperti dilansir dari Brightside

1Singkong

Singkong. (BRIGHTSIDE)

Singkong merupakan salah satu bahan pangan yang lazim di konsumsi masyarakat Asia, khususnya Asia Tenggara dan Indonesia. Meski begitu, cara memasak yang enggak benar bisa membuat beberapa singkong menjadi mengandung racun sianida yang sangat berbahaya.

Biasanya, singkong yang saat dikupas kulitnya berwana kemerahan, bukan putih, itulah yang memiliki kadar sianida yang tinggi. 

2Udang

Udang. (BRIGHTSIDE)

Biasanya udang hidup dengan cara dikembangbiakkan. Untuk mencegah penyebaran infeksi dan penyakit dalam tambak, maka disebarkanlah antibiotik, pestisida, dan fungisida ke dalamnya. Bahan-bahan kimiawi dalam konsentrasi yang tinggi pada tambak udang bisa membuatnya jadi beracun dan berbahaya saat dikonsumsi oleh manusia. 

3Kentang

Kentang. (BRIGHTSIDE)

Jangan khawatir, kentang tetaplah bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, jangan biarkan kentang dalam kondisi lembap dan terang terlalu lama karena itu akan membuatnya bertunas. Nah, tunas inilah yang mengandung senyawa beracun bernama glikoalkaloid. Dalam kondisi bertunas, kentang harus segera dibuang. 

4Almon

Almon. (BRIGHTSIDE)

Ada beberapa jenis almon yang memiliki rasa pahit. Dan jenis itulah yang memiliki kadar sianida yang lebih tinggi daripada almon pada umumnya. Sedikit saja dosis dari ekstrak almon pahit ini bisa berdampak mematikan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. 

5Rebung

Rebung. (BRIGHTSIDE)

Rebung sering kali digunakan dalam masakan khas Asia, namun tahukah kamu kalau bahan makanan ini mengandung racun yang sama seperti pada singkong? Rebung mengandung racun sianogenik glikosida. Dan hanya dapat dihilangkan dengan memasaknya sampai benar-benar matang sebelum dimakan. 

6Jamur

Jamur. (BRIGHTSIDE)

Jamur yang beracun dan jamur yang aman dikonsumsi sering kali sulit dibedakan secara sekilas lho. Selain itu, jamur juga cenderung menyerap zat besi berat termasuk bahan radioaktif, sehingga berbahaya untuk dimakan. Bahkan, beberapa jamur di kawasan Eropa ditengarai masih mengandung racun dari bencana Chernobyl tahun 1986. 

7Makanan berjamur

Makanan berjamur. (BRIGHTSIDE)

Jika ada bahan makananmu yang sudah tampak berjamur, segeralah buang seluruhnya. Jangan cuma membuang bagian yang berjamurnya saja karena sesungguhnya ada jenis jamur lai yang tidak terlihat dan sudah terpenetrasi ke dalam makanan.

8Ikan Fugu

Ikan Fugu. (BRIGHTSIDE)

Makanan khas Jepang ini cukup terkenal karena teknik penyajiannya yang sangat rumit dan harus dilakukan ekstra hati-hati. Pasalnya, ada bagian dari tubuh ikan yang sangat beracun dan harus dipisahkan sebelum disajikan ke konsumen. Hanya koki yang sudah 3 tahun berpengalaman dan mendapatkan lisensi khusus, yang boleh menyajikan hidangan Fugu ini. 

9Kacang-kacangan

Kacang-kacangan. (BRIGHTSIDE)

Kacang yang masih mentah umumnya mengandung racun bernama lektin yang hanya dapat dihilangkan dengan cara dimasak. Kacang merah merupakan salah satu jenis yang beracun dan harus direbus sampai mendidih terlebih dahulu sebelum disajikan.

Mengukus kacang saja ternyata belum cukup untuk menghilangkan racunnya. Dan justru bisa jadi lebih berbahaya ketimbang kacang mentah.

 

BRIGHTSIDE| THE DAILY MEAL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments