hero

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

16 November 2017, 07:50 WIB

INDONESIA

Para perempuan biasanya punya bermacam-macam jenis kosmetik dan produk perawatan wajah atau kulit. Namun, tanpa disadari, kebanyakan produk-produk tersebut sebenarnya enggak terlalu esensial fungsinya dan bisa digantikan produk lain.

Ini dia beberapa jenis produk kosmetik yang sebenarnya enggak perlu kamu beli dilansir dari Brightside. Dan bisa kamu ganti dengan menggunakan produk yang sudah kamu miliki sebelumnya.

1Scrub bibir

Kebanyakan produk scrub bibir terbuat dari gula atau madu yang dicampur ekstrak buah. Dan dijual dengan harga Rp 70-150 ribu per botol kecil.

Scrub bibir diklaim dapat mengangkat sel kulit mati di bibir dan membuatnya elastis. Padahal, terlalu sering menggosok bibir bisa melukainya. Gunakan scrub wajahmu saja untuk menggosok bibir sekali dalam 2 minggu, sudah cukup efektif kok. 

2Sampo anti penuaan

Beberapa merek sampo mengkalim dapat mencegah penuaan rambut. Padahal rambut yang menua alias beruban tidak bisa dicegah maupun diatasi. Supaya rambut enggak kering dan pecah-pecah, penuhilah kebutuhan nutrisi lewat asupan makanan dan perawatan pada rambut. 

3BB cream, CC cream, DD cream

Ketiga produk ini pada dasarnya sama saja, yaitu krim untuk meratakan warna kulit wajah sebelum kamu memakai make-up. Cukup pilih salah satu jenis saja sesuai dengan kebutuhanmu.

4Lotion untuk stretch mark

Tanda kerutan di beberapa bagian tubuh menjadi hal yang paling ditakutkan perempuan. Karena itu produk pencegahnya diincar orang. Hanya spesialis kulit yang bisa benar-benar menghilangkan stretch mark melalui perawatan khusus. Sedangkan kamu cukup hidrasi kulit saja dengan rajin pakai body lotion biasa. 

5Krim mata

Tahu dong kalau krim mata biasanya dijual dalam ukuran mini, tapi harganya jauh lebih mahal daripada krim wajah lainnya? Padahal, komposisi krim mata tidak jauh berbeda dari krim wajah, jadi pakai saja krim wajah yang cocok untuk jenis kulitmu. 

6Krim anti penuaan

Tidak ada krim wajah yang bisa benar-benar menghilangkan keriput yang muncul di wajah. Yang ada adalah produk untuk mencegah dan memberi kelembapan. Keriput bisa dihilangkan, tapi kamu harus melewati operasi kulit wajah secara medis dulu, yakin perlu? 

7Sampo 2 in 1

Beberapa merek sampo mengklaim bahwa di dalam produknya sudah terdapat sampo dan kondisioner sekaligus, namun hal ini mustahil. Sampo 2 in 1 hanyalah sampo biasa dan kamu tetap butuh mengaplikasikan kondisioner setelah keramas dengan sampo tersebut. 

8Masker rambut

Seringnya salon menyarankan orang untuk beli tiga produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, dan masker rambut. Padahal, dua di antaranya saja sudah cukup.

Masker memiliki komposisi dan fungsi yang sama dengan kondisioner, hanya saja bahannya jauh lebih aktif. Kalau kamu rutin pakai kondisioner, hasilnya pun akan sama saja dengan memakai masker dua kali seminggu kok. 

9Lotion untuk mengangkat kulit

Banyak orang ingin kulit wajah dan tubuhnya tetap kencang sepanjang waktu. Dan, karena itu merasa perlu memakai produk berbeda untuk bagian tubuh berbeda. Sebenarnya, satu produk lotion saja sudah cukup untuk melembapkan seluruh bagian tubuh.

10Pewarna rambut dengan pelembap

Substansi agresif dalam pewarna rambut memang kerap merusak tekstur rambut. Produk pewarna rambut yang diklaim mengandung pelembap sebetulnya tidak berarti apa-apa. Rambut yang diwarnai akan tetap kehilangan kualitasnya dan yang kamu perlukan adalah melakukan perawatan tambahan yang menutrisi rambut.

 

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments