hero
(INSTAGRAM/garuda.indonesia)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

31 Oktober 2017, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Untuk kamu yang sering bepergian dengan maskapai ini, pasti enggak asing lagi dengan setelan kebaya dan batik berwarna terang yang dipakai oleh para pramugari Garuda. Pakaian ini menjadi identitas sekaligus daya tarik dari suatu perusahaan.

Di tahun 2011 lalu, Garuda Indonesia mengganti seragam awak kabinnya untuk ke sebelas kali. Perubahan ini tetap mengacu pada prinsip maskapai ini untuk mengenalkan Indonesa dan menjadi duta Indonesia ke mata dunia. 

Nah, ternyata perancangan seragam ini enggak asal-asalan loh. Melainkan lewat konsultasi dengan sejumlah pakar dan berbagai pertimbangan lainnya. Berikut lima fakta menarik dari seragam awak kabin Garuda Indoesia:

1. BATIK MOTIF LERENG

Batik yang dipakai untuk seragam Garuda Indonesia adalah hasil rancangan Josephine Werratie Kumara. Wanita yang akrab disapa Ibu Obin ini dikenal sebagai pakar tekstil batik yang terkenal hingga level internasional.

Menurutnya, batik adalah kain yang menunjukkan identitas sekaligus kebanggan akan budaya Indonesia. Dia mendesain sendiri batik untuk Garuda Indonesia, yang menurutnya harus memenuhi aspek elegan, nyaman, eksotis dan cantik.

Obin memilih motif lereng yang bisa membuat pemakainya terlihat lebih slim sekaligus elegen. Pada karya batiknya juga diberi tambahan motif melati dan burung garuda untuk menunjukkan indentitas nasional.

2. SERAGAM PRAMUGARA GARUDA DIBUAT DESAINER KELAS INTERNASIONAL

 

See you on board.

A post shared by Vickry Kurniawan (@kurniawanvickry) on

Maskapai ini tidak hanya memperhatikan penampilan pramugari, tapi juga pramugaranya. Untuk itu, Garuda menggandeng Ted Sulisto untuk merancang setelan seragam awak kabin pria. 

Ted kenal sebagai arsitek dan desainer kelas internasional yang telah menghasilkan berbagai karya high end. Dalam karya ini, ia mendesain jas abu-abu yang dipakai bersama kemeja biru muda dan vest. 

Untuk dasinya, terbuat dari bahan sutra dan aksen garis seperti sayap garuda. Potongan seragam dan warna yang dipilih diharapkan bisa menghadirkan image profesional sekaligus friendly.

Menurut Ted, seragam bukan hanya fashion item melainkan juga karakter dari suatu brand. Desain seragam ini juga harus long lasting karena ikut menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia.

3. MAKNA DI BALIK WARNA SERAGAM

Di awal perubahan imagenya, ada tiga warna yang dpakai awak kabin Garuda Indonesia yaitu orange, tosca dan biru. Pilihan ini adalah hasil analisa dari pemerhati dunia mode sekaligus konsultan warna, Irma Hardisurya.

Menurut wanita yang merupakan Miss Indonesia pertama ini, warna seragam tidak boleh asal-asalan karena menunjukkan karakter maskapai. Warna tosca dipilih karena bernuansa tropis segar, sekaligus identik sebagai warna Garuda Indonesia.

Kemudian warna biru yang melambanggakan karakter mantap, langgeng dan terpercaya. Warna berikutnya yaitu orange yang menunjukkan sifat hangat dan ramah, seperti karakter masyarakat Indonesia.

4. SERAGAM HARUS NYAMAN DAN AMAN

Seragam yang menarik tentu akan berkurang nilainya kalau tidak aman dan nyaman saat digunakan. Untuk itu, pembuatan seragam awak kabin Garuda Indonesia juga melalui pengawasan dari Dianti Poetranto, mantan pramugari Indonesia.

Menurutnya seragam yang dipakai harus memenuhi aspek fungsi, khususnya untuk pekerjaan. Dianti ikut mempertimbangkan potongan seragam agar tetap sopan dan dapat menunjukkan keramahan Indonesia. 

Meski berbentuk kebaya dan kain, seragam juga harus tetap fleksibel agar tidak menghalangi pergerakan. Hal ini penting, apalagi untuk menghadapi kondisi khusus seperti evakuasi.

5. DIBUAT TAILOR BUKAN PABRIK

Meski dipakai oleh banyak awak kabin, Garuda Indonesia tidak memproduksi seragamnya dengan sistem massal di pabrik. Melainkan oleh penjahit khusus yaitu Lili Salim. 

Ukuran tiap seragam disesuaikan dengan size tubuh masing-masing awak kabin. Jadi, potongan seragam pun akan sesuai di badan dan enak dilihat.

YOUTUBE: GARUDA INDONESIA VIDEO

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments