Upacara pemakaman Almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia B.J. Habibie berlangsung khidmat di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis siang (12/9/2019).

B.J. Habibie dimakamkan di kavling 120, tepat di samping pusara sang istri Ainun Habibie yang berada di kavling 121. Ainun Habibie wafat pada Mei 2010 lalu. B.J. Habibie merupakan Presiden RI pertama yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengusung peti jenazah almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menuju liang lahat saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD. (ANTARA)

Presiden Joko Widodo memimpin upacara pemakaman yang digelar secara militer. Dan juga menyampaikan sambutan yang begitu menyentuh. Jokowi melukiskan Almarhum B.J. Habibie adalah presiden yang penuh cinta.

Presiden Joko Widodo (kanan) selaku Inspektur Upacara memberi hormat usai meletakkan karangan bunga di makam almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD. (ANTARA)

“Menurut Habibie tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya,” ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menambahkan bahwa Indonesia kehilangan salah satu putra terbaik. Dari visi B.J. Habibie lahir industri teknologi seperti pesawat N250 Gatotkaca yang berhasil mengudara dan membuat bangga Indonesia.

residen Joko Widodo (kanan) selaku Inspektur Upacara meletakkan karangan bunga di makam almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD. (ANTARA)

Jokowi juga mengajak seluruh warga Indonesia untuk mendoakan Almarhum B.J. Habibie agar husnul khotimah. Di akhir sambutannya Jokowi mengucapkan salam perpisahan untuk almarhum.

“Selamat jalan ‘Mr. Crack’, selamat jalang sang pionir” ucap Jokowi.

Dalam upacara pemakaman ini turut hadir Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia Try Sutrisno. Ada pula Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri bersama Menko PMK Puan Maharani.

Tampak pula Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono didampingi kedua putra dan menantunya. Kemudian Wakil Presiden Ke-11 Republik Indonesia Boediono. Serta Menteri ESDM Ignasius Jonan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Tokoh Nasional Akbar Tanjung.


TIM LIPUTAN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments