Sate memang sudah jadi kuliner khas di Tanah Air, variasinya beragam. Salah satu yang terkenal adalah sate Klatak dari Yogyakarta. Sate dengan ukuran daging besar yang ditusuk memakai jeruji besi.

Kedai yang paling hits dengan sate klataknya yakni Sate Klatak Pak Bari. Terletak di Pasar Jejeran, Wonokrom, Pleret Bantul, Sate Pak Bari sangat legendaris. Bisa dibilang ini cikal bakal sate klatak di Bantul.

Turun-temurun hingga generasi ke 3, resep Sate Klatak Pak Bari masih otentik. Yaitu daging kambing dengan bumbu garam. Disajikannyapun bukan dengan bumbu kacang atau kecap melainkan kuah gulai. Dagingnya pun enggak sembarangan. Harus kambing usia 8-9 bulan yang gemuk agar dagingnya empuk dan enggak terlalu berotot.

Kedai Sate Klatak Pak Bari buka dari pukul 18.00 WIB, tapi kalo mau ke sini wajib cepat-cepat. Antreannya dijamin akan panjang hingga berjam-jam jika telat datang.

Seporsi sate klatak yang isinya 2 tusuk sate dihargai Rp20 ribu. Di sini juga ada menu lain seperti tongseng, tengkleng, nasi goreng dan gulai babat. Untuk harganya menu lainnya tersebut beragam, mulai dari Rp15 ribu hingga Rp50 ribu.

 

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments