Debat perdana Pilpres 2019 akan diadakan Kamis pukul 20.00 WIB di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Debat kali ini akan mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Kedua paslon sepakat tak akan membahas kasus masa lalu dan fokus pada gagasan. “Tetap jaga kehormatan. Ini bukan kepandaian menarasikan debat tapi kesungguhan integritas pemimpin,” kata Direktor Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima. 

Capres petahana nomor urut 01 Joko Widodo menyampaikan sambutan saat Deklarasi Dukungan untuk pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Maruf Amin di Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1/2019). Deklarasi dukungan untuk kemenangan pasangan capres-cawapres Jokowi-Maruf tersebut digagas oleh Gerakan Alumni Universitas Indonesia (UI) dan sejumlah alumni universitas di Indonesia. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Aria menambahkan bahwa debat kali ini kontestasi yang akan lebih banyak humornya. “Jadi smart, HAM, terorisme, hukum, lebih dikedepankan dan bagaimana narasi sampai ke rakyat Indonesia,” lanjutnya.

Hal senada diisyaratkan pula oleh kubu Prabowo-Sandi. “Sejak awal Pak Prabowo menggariskan kita hendaknya jangan menuding secara personal dan itu sudah jadi tatakrama beliau. Karena bagaimanapun Pak Jokowi masih menjabat sebagai presiden dan harus dihormati,” papar Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) saat disambut oleh para eks pejuang Timor Timur (sekarang Timor Leste) setibanya di Bandara AA Bere Tallo, Haliwen Kabupaten Belu, NTT Kamis, (27/12/18). Kedatangan Prabowo ke Atambua, bertujuan untuk menghadiri acara Natal Bersama Nasional Gerindra, temu kangen eks pejuang Timor Timur (Timtim) serta berziarah ke taman makam pahlawan Seroja. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Debat akan dihadiri oleh 500 tamu undangan yang terdiri dari 200 simpatisan masing-masing paslon dan 300 tamu undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Beberapa tokoh yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya diantaranya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Agus Yudhoyono, Hamzah Haz, Kapolri, Ketua MPR dan DPR, dan pimpinan lembaga negara, serta duta besar negara sahabat.

Debat perdana akan dibagi jadi 6 segmen. Segmen 1 adalah paparan visi misi, segmen 2 dan 3 kesempatan menjawab pertanyaan panelis. Segmen 4 dan 5 adalah kesempatan melontarkan pertanyaan ke masing masing paslon. Segmen terakhir adalah pernyataan penutup dari masing-masing kandidat.

NOVITA SARI TAN | DIPTA ADIWIGUNA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments